Siap Beroperasi, 4 Kereta "Sleeper" Dikirim ke Surabaya - Kompas.com

Siap Beroperasi, 4 Kereta "Sleeper" Dikirim ke Surabaya

Kompas.com - 08/06/2018, 15:35 WIB
Inilah ruangan satu dari empat kereta sleeper seat buatan PT INKA pesanan PT KAI yang akan dioperasionalkan untuk pemudik lebaran 2018. Empat kereta sleeper seat itu dikirim Jumat (8/6/2018) sore. KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi Inilah ruangan satu dari empat kereta sleeper seat buatan PT INKA pesanan PT KAI yang akan dioperasionalkan untuk pemudik lebaran 2018. Empat kereta sleeper seat itu dikirim Jumat (8/6/2018) sore.

MADIUN, KOMPAS.com - PT Industri Kereta Api Indonesia ( INKA) mengirimkan empat kereta api berfasilitas sleeper seat pesanan PT KAI ke Surabaya, Jumat ( 8/6/2018) sore.

"Rencana nanti sore empat kereta eksektuif berfasilitas sleeper seat akan kami kirim ke Surabaya. Empat kereta itu pesanan PT KAI," kata General Manager Corporate Secretary PT Inka, I Ketut Astika kepada Kompas.com, Jumat (8/6/2018).

Ketut mengatakan, pengoperasianolan kereta sleeper seat menjadi kewenangan PT KAI. PT Inka porsinya hanya membuat kereta sesuai pesanan PT KAI. Informasinya kereta sleeper ini akan digabungkan dengan salah satu kereta eksekutif tujuan Jakarta-Surabaya.

"Kereta ini dikhususkan untuk perjalanan jarak jauh. Dahulu KAI memiliki kereta tidur Bima yang memiliki tempat tidur. Itu malah menjadi kumuh. Apalagi dikotak-kotakkan maka dikhawatirkan jadi kesannya mesum," sebut Ketut.

Baca juga: Begini Penampakan Kereta Sleeper Lebaran Buatan PT Inka

Menurut dia, kereta sleeper seat memberikan fasilitas kereta jarak jauh yang nyaman. Pasarnya menyasar pekerja yang mencari fasilitas praktis saat hendak mengikuti acara diluar kota.

"Sasaran pasarnya pekerja. Mereka daripada bermalam dihotel lebih tidur di kereta dengan fasilitas nyaman. Untuk itu kami sediakan kursi yang empuk plus bantal dan bisa dibaringkan hingga 170 derajat," kata Ketut.

Ketut menyatakan kereta berisi 18 kursi sleeper setiap keretaini juga menyasar penumpang yang takut naik pesawat tetapi ingin menikmati fasilitas tempat duduk kelas bisnis pesawat terbang.

Kompas TV PT Industri Kereta Api (PT INKA) mengebut pengerjaan rangkaian kereta "Light Rail Transit".


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X