BI: Sudah Rp 187,8 Triliun Uang yang Ditukarkan Masyarakat - Kompas.com

BI: Sudah Rp 187,8 Triliun Uang yang Ditukarkan Masyarakat

Kompas.com - 08/06/2018, 17:10 WIB
Ilustrasi rupiah.THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDI Ilustrasi rupiah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa ketersediaan uang selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri telah terserap hampir 100 persen pada akhir waktu penukaran uang yang jatuh pada Jumat (8/6/2018).

" Penukaran uang sampai hari terakhir ini sudah keluar Rp 187,8 triliun dari yang disediakan sebesar Rp 188,2 triliun," kata Deputi Gubernur BI Rosmaya K Hadi dalam jumpa pers di Gedung BI Jakarta, Jumat siang.

Maya menambahkan, dengan capaian itu maka kebutuhan masyarakat terhadap uang selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri sudah terakomodasi dengan baik.

Hal tersebut tak terlepas dari langkah BI yang menaikkan jumlah ketersediaan uang selama Ramadhan dan Idul Fitri 2018.

Baca juga: Libur Lebaran Lebih Lama, Kebutuhan Uang Tunai Meningkat

Menurut Maya, tiap tahunnya BI selalu menaikkan ketersediaan uang untuk Ramadhan dan Idul Fitri sebesar 13,9 persen. Namun, untuk tahun ini hal tersebut dibedakan oleh BI.

"Untuk tahun ini ketersediaan uang untuk Ramadhan dan Idul Fitri kami naikkan menjadi 15 persen dari sebelumnya Rp 153,2 triliun menjadi Rp 188,2 triliun," ujar dia.

Kenaikan jumlah ketersediaan uang itu tak terlepas dari antisipasi BI terhadap libur panjang Lebaran dan juga adanya kenaikan tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS).


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X