Kompas.com - 09/06/2018, 12:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno bersama puluhan direktur utama BUMN melepas Mudik Bareng BUMN 2018 di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/6/2018) pagi.

Pelaksanaan Mudik Bareng BUMN tahun ini rata-rata meningkat 100 persen lebih dibanding tahun lalu. Peningkatan terjadi pada jumlah peserta mudik maupun kendaraan mulai dari bus, kapal laut, hingga pesawat udara.

"Melalui pelepasan pagi ini, ada 495 bus dengan jumlah peserta 26.000 orang yang diberangkatkan terlebih dahulu," kata Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo yang menjadi Ketua Satuan Tugas Mudik Gratis 2018.

Budi mengungkapkan, penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN kali ini merupakan tahun keempat. Ada 62 BUMN yang berpartisipasi atau meningkat 121,4 persen dibanding tahun lalu.

Total peserta yang diberangkatkan sebanyak 206.000, meningkat sekitar 75 persen dari tahun sebelumnya.

Sarana yang disiapkan dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 adalah bus, kapal laut, dan pesawat terbang.

Bus ada 3.490 unit, sedangkan kapal laut melayani 98 trip. Mudik melalui kereta api menggunakan 37 rangkaian KA dan tersedia 52 penerbangan pesawat.

Jika dibandingkan tahun lalu, jumlah bus kali ini bertambah 81,7 persen. Jumlah kapal laut melambung 440,4 persen, sementara kenaikan 236 persen pada kereta api, jumlah penerbangan meningkat 116,7 persen.

Jumlah kota keberangkatan dan kota tujuan juga mengalami peningkatan. Total 61 kota keberangkatan atau naik 177,27 persen dan 177 kota tujuan (naik 110,7 persen).

Rini mengapresiasi pelaksanaan Mudik Bareng BUMN 2018 yang menampilkan sinergi BUMN. Dia menilai bahwa program mudik seperti ini bisa mengurangi pemudik dengan sepeda motor, seperti arahan pemerintah dalam rangka meningkatkan kenyamanan dan keselamatan masyarakat saat musim angkutan Lebaran.

"Terima kasih kepada 62 BUMN yang sudah terlibat. Saya bangga, untuk ke empat kalinya digelar, makin banyak BUMN yang terlibat," tutur Rini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.