Ada "Mobile Reader", Transaksi Tol Saat Mudik Diharapkan Lebih Cepat - Kompas.com

Ada "Mobile Reader", Transaksi Tol Saat Mudik Diharapkan Lebih Cepat

Kompas.com - 09/06/2018, 14:00 WIB
Kondisi Gerbang Tol Cikarang Utama pada Kamis (31/5/2018).KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kondisi Gerbang Tol Cikarang Utama pada Kamis (31/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) menyiagakan petugas dengan perangkat mobile reader pada musim angkutan Lebaran tahun ini.

Mobile reader merupakan sarana bagi pengendara untuk melakukan transaksi perjalanan selain di gerbang tol dalam rangka mengurangi kepadatan akibat antrean saat mau bayar tol.

"Nanti ada petugas kami bawa mobile reader, melakukan transaksi di antrean untuk mempercepat dan mengurangi kepadatan," kata AVP Corporate Communications Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso saat ditemui Kompas.com di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/6/2018).

Heru menjelaskan, Jasa Marga menyiapkan total 120 unit mobile reader untuk ruas tol di seluruh Indonesia.

Baca juga: Sabtu Ini Puncak Arus Mudik, 114.000 Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jakarta

Di gerbang tol Cikarang Utama, disiapkan 25 unit mobile reader di mana tempat masuk dari Jakarta ke arah Cikampek disiagakan 10 unit dan selebihnya 15 mobile reader ditempatkan di arah sebaliknya yang menuju ke Jakarta.

Di luar mobile reader, Jasa Marga juga membuka hingga 20 gerbang tol untuk kendaraan dari Jakarta yang mengarah ke Cikampek di gerbang tol Cikarang Utama.

Sedangkan untuk arah balik ke Jakarta, dibuka 31 gerbang tol di Cikarang Utama.

"Kalau itu kurang, mobile reader-nya kami operasikan. Kalau itu masih kurang lagi, transaksi kami alihkan ke Cikarang Barat. Cikarang Utama kami tutup, kami pindah ke Cikarang Barat," tutur Heru.

Untuk mekanisme pengalihan yang melalui gerbang tol Cikarang Barat, diberlakukan kondisional dengan mempertimbangkan situasi di gerbang tol Cikarang Utama.

Nantinya, kendaraan diarahkan ke gerbang tol Cikarang Barat untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke tol Jakarta-Cikampek dan tarifnya dipastikan sama dengan yang di Cikarang Utama.

Kompas TV Pemerintah memprediksi Sabtu (9/6) adalah hari dimana kepadatan tertinggi pemudik terjadi di sejumlah titik.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X