KILAS EKONOMI

Pemudik Wajib Teliti Harga Tiket Penerbangan Lebaran 2018

Kompas.com - 10/06/2018, 19:40 WIB
Conter self chek-in Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (7/6/2018) STANLY RAVELConter self chek-in Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (7/6/2018)


KOMPAS.com -  Kementerian Perhubungan kembali meminta penumpang untuk lebih bijaksana dan teliti sebelum membeli tiket penerbangan untuk periode Lebaran tahun ini, baik di agen travel maupun secara online.

Beberapa hal yang perlu diteliti di antaranya adalah jenis-jenis biaya yang dibebankan. Selain itu, konsumen mesti meneliti jenis penerbangan, yakni langsung (direct flight) atau transit.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, semua biaya dalam tiket sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan no. PM 14 tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal dalam Negeri.

(Baca: Tarif Penerbangan Lewati Batas, Maskapai Bakal Kena Sanksi)

"Dalam peraturan menteri itu ada harga tertinggi tarif tiap rute langsung (bukan transit) setiap rute domestik kelas ekonomi saja, bukan yang lain. Jadi silahkan masyarakat mengeceknya sebelum membeli tiket," ujar Agus dalam siaran tertulis, Minggu (10/6/2018).

Agus menegaskan, maskapai tidak boleh menjual tarif pesawat di atas yang sudah ditetapkan pemerintah tersebut.

Maskapai yang melanggar dikenakan sanksi peringatan hingga pembekuan rute penerbangan.

Tarif Bukan Harga Tiket

Dirjen Perhubungan Udara menjelaskan, konsumen perlu mengetahui bahwa tarif tersebut bukanlah harga tiket.

"Untuk jadi harga tiket, tarif itu masih ditambah  pajak dan  asuransi. Selain itu, tarif tersebut juga harus disesuaikan dengan layanan di maskapai," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.