Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar 10 Saham LQ45 dengan PER Terkecil

Kompas.com - 11/06/2018, 10:41 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber KONTAN

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumat (8/6/2018) lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali anjlok. Indeks utama di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu turun sedalam 113,07 poin (1,85 persen) ke posisi 5.993,63.

LQ45, indeks saham di BEI yang beranggotakan 45 saham dengan kapitalisasi pasar terbesar dan terlikuid, ikut ambrol. Turun 25,79 poin menuju 950,70; indeks LQ45 longsor sedalam 2,64 persen.

Penurunan dua indeks utama BEI tersebut membawa perubahan penghuni daftar 10 saham LQ45 dengan Price earning ration (PER) terkecil.

Saham Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) yang sehari sebelumnya masih berada di dalam daftar ini terdorong keluar, tergusur oleh masuknya saham Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

Baca juga: Jelang Libur Lebaran, IHSG Anjlok 113 Poin, Rupiah Melemah Dekati 14.000 Lagi

Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), Bumi Resources Tbk (BUMI), dan AKR Corporindo Tbk (AKRA) berada di tiga pertama saham LQ45 dengan PER positif terkecil secara berurutan, masing-masing 3,12 kali, 3,45 kali, dan 4,95 kali. Posisi selanjutnya diisi oleh WSBP,  WSKT, INDY, PTBA, BBNI, BJBR, dan PGAS.

Penurunan dalam IHSG akhir pekan lalu itu menyeret delapan saham penghuni daftar LQ45 dengan PER terkecil. Saham-saham yang terseret turun oleh merahnya bursa itu adalah SRIL, AKRA, WSBP, WSKT, INDY, BBNI, BJBR, dan PGAS.

Sebaliknya, dua saham sisanya, BUMI dan PTBA, malah naik harga. Kali ini tidak ada saham dalam daftar ini yang tak mengalami perubahan harga.

Price earning ration (PER) adalah perbandingan antara harga saham dengan laba bersih per saham. Penurunan harga saham di bursa secara otomatis akan menurunkan pula nilai PER kalau pada saat yang sama belum terjadi perubahan laba bersih per saham.

Secara umum ada anggapan bahwa semakin kecil angka PER maka semakin murah pula harga saham tersebut dibanding saham-saham lain dalam sektor usaha yang sama. (Hasbi Maulana)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul BBTN tergusur PGAS, ini daftar 10 saham LQ45 dengan PER terkecil (8 Juni 2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com