Penitipan Hewan, Peluang Bisnis Menjanjikan Jelang Lebaran - Kompas.com

Penitipan Hewan, Peluang Bisnis Menjanjikan Jelang Lebaran

Kompas.com - 11/06/2018, 12:03 WIB
Toko penjual makanan dan aksesoris hewan sekaligus tempat penitipan dan klinik hewan di kawasan Bekasi, Jawa Barat.KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Toko penjual makanan dan aksesoris hewan sekaligus tempat penitipan dan klinik hewan di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat penitipan hewan menjadi salah satu tempat yang dicari menjelang mudik Lebaran dan libur panjang. Pecinta hewan bisa menitipkan peliharaan kesayangan mereka tanpa perlu khawatir meninggalkannya dalam waktu cukup lama.

Ternyata, penitipan hewan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan menjelang libur panjang Lebaran ini. Tempat tersebut tak pernah sepi jika memasuki masa liburan. Mereka tetap buka setiap hari untuk menjaga hewan-hewan tersebut.

Seperti salah satu petshop di wilayah Tambun, Jawa Barat, yang kebanjiran pesanan untuk penitipan hewan. Toko tersebut bisa menampung hingga 50 hewan jenis anjing dan kucing.

Salah seorang pramuniaga menyatakan, rata-rata pemilik menitipkan hewan peliharaan selama tujuh hingga 10 hari. Adapun tarif yang dikenakan Rp 40.000 per hari jika membawa makanan sendiri. Jika tidak membawa makanan sendiri, petshop bisa menyediakan makanan dengan total tarif Rp 50.000 per hari.

Baca juga: 6 Jenis Peluang Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal

"Untuk booking, minimal Rp 50.000," ujar pramuniaga tersebut.

Jika ditotal, untuk penitipan selama seminggu saja petshop bisa mendapat Rp 350.000.

Hewan peliharaan tersebut ditempatkan di ruangan khusus bersisian dengan ruang klinik dokter hewan. Area penitipan anjing dan kucing ditempatkan terpisah.

Hewan yang dititipkan juga harus memenuhi syarat. Pertama, hewan harus dalam kondisi sehat. Kedua, hewan peliharaan sudah divaksin lengkap. Buktinya juga harus dilampirkan berupa buku vaksin dan check up dokter. Pemilik hewan juga wajib membawa kartu identitas dan mengisi data lengkap pada form persetujuan penitipan hewan.

Sebelum menitipkan hewan, pemilik juga harus membayar uang muka minimal setengah harga biaya penitipan.

Petshop sekaligus tempat penitipan hewan lainnya, masih di Bekasi, juga buka setiap hari. Mereka tetap beroperasi dengan jam terbatas pada hari tertentu, seperti hari H hingga H+3 Lebaran. Penjaga petshop selalu berjaga bergiliran setiap hari meski di hari libur.

Di petshop tersebut, mereka mengenakan tarif Rp 50.000 perhewan untuk satu hari. Namun, pemilik harus membawa makanan sendiri. Jika tidak, maka harus membeli dahulu makanan hewan di toko tersebut.

Pramuniaga petshop bernama Tari tersebut mengakui pada musim liburan seperti ini mereka banyak dititipi hewan peliharaan.

"Bisa sampai 50 (hewan)," kata Tari.

Di sana, rata-rata pemiliknya menitipkan hewan peliharaan selama 10-15 hari. Apalagi, Lebaran tahun ini masa liburnya lebih panjang. Pendapatan yang mereka peroleh di masa liburan ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.



Close Ads X