Angkasa Pura I Targetkan Tambah 3 Pengelolaan Bandara Baru Tahun Ini

Kompas.com - 11/06/2018, 14:06 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi setelah melepas 2.000 pemudik gratis ke Semarang, Yogyakarta, dan Solo dari Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKODirektur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi setelah melepas 2.000 pemudik gratis ke Semarang, Yogyakarta, dan Solo dari Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menargetkan bisa menambah daftar bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I (AP I) pada tahun ini. Sampai saat ini, AP I tercatat telah mengelola 13 bandara dan satu strategic business unit (SBU).

Fahmi menyatakan, dalam waktu dekat ini AP I akan mengelola Bandara Samarinda Baru di Kalimantan Timur.

"Ya jadi memang sekarang ini ada beberapa bandara yang kita propose untuk bisa kami operasikan dan sekaligus penugasan dari pemerintah dan dalam waktu dekat ini kemungkinannya karena sudah melakukan MoU itu untuk Bandara Samarinda Baru," jelas dia di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018).

Selain itu, lanjut Fahmi, AP I juga tengah mengusahakan untuk mengelola Bandara Sentani, Bandara Luwuk, Bandara Labuan Bajo, dan Bandara Tarakan.

Baca juga: AP I Prediksi 5,5 Juta Pemudik Bakal Padati 13 Bandara

Kendati sudah menargetkan pengelolaan Bandara Samarinda Baru, Fahmi menyatakan belum mengetahui skema apa yang digunakan untuk mengelola bandara tersebut.

"Skema masih kami diskusikan karena ini kan tergantung kebijakan Kemenhub tapi kita akan tentu siap semuanya. Kita targetkan juga tahun ini Bandara Sentani dan Bandara Luwuk, tapi semua tergantng kebijakan pemerintah. Intinya kami siap mengelola bandara-bandara yang sekarang ini dikelola oleh UPT," sebut Fahmi.

Sebagai informasi, 13 bandara yang dikelola AP I sampai saat adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

Kemudian juga ada Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X