Konstruksi Baru 10 Persen, AP I Kebut Pengerjaan Bandara Baru Yogyakarta

Kompas.com - 11/06/2018, 15:20 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi setelah melepas 2.000 pemudik gratis ke Semarang, Yogyakarta, dan Solo dari Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKODirektur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi setelah melepas 2.000 pemudik gratis ke Semarang, Yogyakarta, dan Solo dari Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pembangunan New Yogyakarta International Airport ( NYIA) di Kulon Progo, Yogyakarta terus dikebut PT Angkasa Pura I (Persero).

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menyatakan, sampai saat ini pengerjannya terus berlangsung meski baru beberapa persen saja.

"Konstruksi masih di bawah 10 persen tapi secara izin atau legal sudah 100 persen rampung. Untuk target tahun ini saya mau bicarakan lagi ke kontraktor untuk percepatannya," terang Fahmi di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018).

Baca: 7 Bandara Baru Terbangun di Era Jokowi

Berdasarkan target yang sudah dicanangkan, NYIA akan menjalankan minimum operasi selepas April 2019. Pasalnya, setelah periode tersebut 100 persen pembangunan runway telah diselesaikan, apron rampung 50 persen, dan terminal 35 hingga 40 persen.

"Dengan begitu maka sudah bisa dioperasikan untuk minimum operasi karena kapasitasnya jauh lebih besar dibanding Bandara Adisutjipto," imbuh Fahmi.

NYIA ditargetkan bisa beroperasi penuh pada 2020 mendatang dan dirancang untuk bisa menampung hingga 14 juta penumpang tiap tahunnya.

Jika NYIA telah rampung 100 persen maka sebagian besar kegiatan penerbangan komersial di Yogyakarta akan berpusat di NYIA.

Sementara Bandara Internasional Adisutjipto hanya melayani penerbangan komersial dalam kapasitas terbatas karena harus berbagi dengan TNI Angkatan Udara sebagai pemilik lahan dan ruang udara wilayah Adisutjipto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X