Harga Komoditas Stabil, Inflasi Juni Diprediksi 0,2 Hingga 0,25 Persen

Kompas.com - 11/06/2018, 20:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan inflasi pada Juni 2018 di kisaran 0,2 sampai 0,25 persen.

Perkiraan tersebut mengacu pada harga komoditas yang cenderung stabil, termasuk harga beras dan bahan pokok lainnya.

"Memang (prediksinya) antara 0,2 persen sampai 0,25 persen, menurut saya. Antara itu saja, karena harga-harga oke. Beras oke, daging oke, yang mungkin sedikit naik harganya adalah telur," kata Darmin usai meninjau proyek MRT di Senayan, Senin (11/6/2018).

Meski terjadi kenaikan harga telur ayam, kata Darmin, dampaknya tidak akan terlalu signifikan. Alasannya, telur ayam bukanlah komoditas dominan dalam belanja rumah tangga.

Ancaman

Ilustrasi tiket pesawatTHINKSTOCK Ilustrasi tiket pesawat
Selain telur, harga yang mesti diwaspadai untuk menjaga inflasi Juni adalah harga tiket pesawat.

Tidak seperti angkutan darat, harga tiket pesawat masih bisa dinaikkan dengan alasan tertentu.

"(Harga) tiket pesawat bisa naik. Mereka nambah satu rate ke mana gitu, harga tiketnya berubah, susah juga memang. Kalau harga transportasi udara tidak ada lonjakan, maka inflasi Juni berkisar 0,2 hingga 0,25 persen," tutur Darmin.

(Baca: Jelang Lebaran, Harga Tiket Pesawat di Babel Melonjak 2 Kali Lipat)

Dengan kisaran 0,2 persen hingga 0,25 persen, maka inflasi Juni 2018 bakal lebih rendah dibandingkan inflasi Juni 2017 yakni 0,69 persen.

Sementara inflasi pada Mei 2018 tercatat sebesar 0,21 persen, lebih rendah dibanding Mei 2017 sebesar 0,39 persen.

Perbandingan inflasi bulan Mei tahun ini dengan tahun sebelumnya dinilai masih relevan, terutama karena sama-sama satu bulan sebelum Lebaran yang sama-sama jatuh pada bulan Juni, seperti Lebaran tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.