Penerapan Sistem e-Ticketing di Terminal Pulogebang Masih Sepi Peminat

Kompas.com - 11/06/2018, 20:30 WIB
Suasana di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Senin (11/6/2018). -KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMASuasana di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Senin (11/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan sistem tiket elektronik atau e-Ticketing di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur sejauh ini belum maksimal.

Kepala Terminal Pulogebang, Ismanto, mengakui sistem e-Ticketing masih kurang diminati oleh para penumpang. Menurut dia, para penumpang masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara memesan tiket bus secara online.

"Ini budaya baru, tidak seperti penerbangan dan kereta api yang memang dari sisi kesiapan operator, kemudian konsumennya backgroundnya berbeda, habbitnya beda, menyebabkan ini tidak terlaksana secara mulus," ujar Ismanto di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Senin (11/6/2018).

Ismanto menambahkan, di Terminal Pulo Gebang masih banyak perusahaan otobus (PO) yang belum menerapkan penjualan tiket secara online. Dari 155, baru 28 PO yang menerapkan sistem penjualan tiket secara online.

"Dari 28 (PO) itu, cuma 17 yang online, sisanya, 11 PO masih menjual (tiket) secara offline juga. Artinya PO itu sendiri masih harus diyakinkan dan kita juga harus berupaya keras agar mereka menerapkan e-Ticketing ini," kata Ismanto.

Ismanto menduga para PO enggan menerapkan penjualan tiket secara online karena tidak mau mencantumkan harga tiketnya. Mereka lebih memilih menutupi harga tiket karena bisa dinaikkan saat permintaan sedang tinggi.

"Ini masa mereka mendulang pendapatan, tarifnya tak terdaftar di sistem, sehingga ini di off. Ini yang menjadi konsen kita, Kemenhub, Pemprov DKI agar penerapan e-Ticketing ini makin cepat makin bagus," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.