Panduan Belanja Aman saat Musim Promo dan Diskon - Kompas.com

Panduan Belanja Aman saat Musim Promo dan Diskon

Kompas.com - 12/06/2018, 10:36 WIB
Ilustrasi belanja gawaiHASLOO Ilustrasi belanja gawai

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada musim libur panjang seperti menjelang Lebaran sekarang ini, banyak penawaran yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja. Promo dan diskon dapat dengan mudah ditemukan di tiap-tiap pusat perbelanjaan.

Menghadapi kondisi tersebut, pembeli perlu memerhatikan sejumlah hal agar dapat berbelanja dengan aman dan nyaman.

Mastercard melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com membagikan setidaknya empat tips untuk menjadi pembeli cerdas saat berbelanja dengan kondisi banyak promo dan penawaran.

Tentukan anggaran, barang, dan toko tujuan

Menentukan barang apa yang mau dibeli, di mana akan dibeli, dan perkiraan harganya akan membantu pembeli untuk tetap pada rencana awal dalam berbelanja. Perencanaan ini juga berguna bagi pembeli supaya uang yang dibelanjakan lebih efektif.

Salah satu cara mulai membiasakan perencanaan adalah dengan melihat riwayat transaksi selama ini. Jika dirasa ada yang perlu dibenahi atau ada belanja yang tidak terlalu perlu, bisa dihilangkan sehingga saat belanja berikutnya tidak mengeluarkan uang untuk barang yang tidak ada dalam daftar.

Baca juga: Nielsen: Selama Ramadhan Belanja Iklan Meningkat Signifikan

Proaktif

Ada banyak diskon dan penawaran menarik dari masing-masing merchant maupun toko. Dari hal itu, pembeli bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan mencari diskon atau penawaran mana yang terbaik untuk barang atau produk tertentu.

Riset bisa dilakukan secara online, dengan membandingkan penawaran satu dengan yang lain. Perlu diperhatikan juga bahwa toko online sering memberikan diskon dan penawaran menarik lebih awal dari toko offline, sehingga pembeli bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa perlu keluar rumah.

"Sebelum berbelanja secara online, pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang aman. Temukan ikon berbentuk gembok yang terletak di sebelah kanan alamat situs web pada browser Anda. Ikon itu melambangkan bahwa browser Anda aman," demikian keterangan dari Mastercard.

Jaga keamanan kartu

Keamanan kartu sangat penting untuk menghindari adanya upaya pencurian data-data pribadi yang dapat merugikan pembeli di masa mendatang. Upaya ini juga untuk menghindarkan pembeli dari transaksi-transaksi misterius yang bukan berasal dari dirinya, melainkan dari orang yang mencuri data kartu tersebut.

Untuk menghindari hal itu, pembeli dapat memastikan selalu terhubung dengan jaringan WiFi pribadi ketika melakukan pembayaran, baik yang dilakukan melalui ponsel maupun laptop.

"Hal ini dapat membantu memastikan detail kartu Anda tetap aman dan terjaga," tambah Mastercard.


Tetap waspada

Pembeli perlu memerhatikan informasi keamanan terbaru dan memastikan punya kontak call center bank. Meski sederhana, hal ini penting agar saat pembeli sadar sudah jadi korban penipuan, dapat langsung melapor kepada bank terkait untuk segera dilakukan penanggulangan risiko.

Komentar
Close Ads X