Pertemuan Trump-Jong Un Bisa Berdampak Positif ke Ekspor Indonesia

Kompas.com - 12/06/2018, 12:33 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyempatkan diri menyapa awak media di balkon Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6/2018). (AFP/Saul Loeb) Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyempatkan diri menyapa awak media di balkon Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6/2018). (AFP/Saul Loeb)

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen bersejarah pertemuan pemimpin dua negara, yakni Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, dinilai akan berdampak positif terhadap perekonomian negara di kawasan Asia.

Indonesia diyakini juga diuntungkan dari pertemuan tersebut, khususnya dalam hal ekspor.

"Dampak positifnya bisa menjalar ke perekonomian Indonesia. Sekitar 30 persen ekspor Indonesia tertuju ke China, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang," kata Abra Talattov, peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) kepada Kompas.com, Selasa (12/6/2018).

Abra menjelaskan, pertemuan Trump dengan Jong Un yang sedang berlangsung di Pulau Sentosa, Singapura, dapat memicu sentimen positif dalam berbisnis di negara-negara berkembang di Asia.

Terlebih, jika hasil pertemuan tersebut baik, maka ada prospek stabilitas permanen di semenanjung Korea yang berdampak positif terhadap ekspor Indonesia di kawasan Asia Timur.

Lebih luas lagi, investor akan mempertimbangkan kondisi geopolitik yang berangsur stabil sebagai buah dari pertemuan tersebut. Sehingga, Asia akan dilihat lebih menarik lagi bagi investor untuk berinvestasi, termasuk dengan Indonesia yang kini sedang mengupayakan memberi sejumlah insentif dan kemudahan untuk berinvestasi.

"Pertemuan Trump-Jong Un jadi pendorong pertumbuhan sentimen positif bisnis, khususnya untuk kawasan Asia," tutur Abra.

Pertemuan kedua pemimpin negara tersebut masih berlangsung hingga siang ini. Berdasarkan susunan acara yang dirilis Gedung Putih sebelumnya, disebutkan Trump akan melakukan konferensi pers menyampaikan hasil pertemuannya dengan Jong Un pada pukul 16.00 waktu Singapura, atau 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X