Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,4 Juta Kendaraan Keluar Jakarta Sejak H-8 Lebaran

Kompas.com - 12/06/2018, 18:42 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mencatat sebanyak 1,4 juta kendaraan keluar dari Jakarta sejak H-8 atau Kamis (7/6/2018) hingga H-4 atau Senin (11/6/2018).

Kendaraan-kendaraan tersebut keluar dari Ibu Kota melalui ruas tol maupun jalur arteri.

Berdasarkan data yang ada di Posko Nasional Angkutan Mudik Lebaran 2018 Kemenhub, sebanyak 925.240 unit kendaran mengarah keluar Jakarta melalui Tol Jakarta-Merak, Cikarang Utama, Cikampek dan Cileunyi.

Adapun yang keluar Jakarta melalui jalur arteri Merak, Sadang, Balonggandu dan Rancaekek sebanyak 500.062 unit kendaraan.

Jumlah kendaraan tersebut terhitung dari H-8 hingga H-4 Lebaran 2018.

Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Mudik Lebaran 2018, Junaedi, mengatakan, puncak arus mudik Lebaran 2018 terbagi menjadi dua. Hal ini terjadi karena libur yang panjang pada Lebaran tahun ini.

"Untuk tahun ini memang liburannya panjang sehingga bisa terbagi-bagi. Puncaknya tadi kan ada di hari Sabtu dan hari Minggu, kemudian hari ini, H-3 dan H-2 ini diprediksi akan menjadi peak season juga," kata Junaedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com