KILAS EKONOMI

Mudik Lebaran, Kemenhub Bantah Isu Lonjakan Harga Tiket Pesawat

Kompas.com - 13/06/2018, 08:00 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso KOMPAS.com/HARIS PRAHARADirektur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso
|


SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan membantah terjadi kenaikan harga tiket pesawat saat musim mudik Lebaran 2018

Sekadar informasi, sebelumnya beredar isu di media sosial bahwa harga tiket pesawat melonjak signifikan beberapa waktu terakhir.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan, pihaknya telah menyisir tarif seluruh maskapai penerbangan.

"Setelah kami cek, tidak benar ada kenaikan besar-besaran harga tiket pesawat. Seluruh tarif masih sesuai peraturan," ungkap Agus kepada Kompas.com, Selasa (12/6/2018) malam, di Surabaya.

(Baca: Pemudik Wajib Teliti Harga Tiket Penerbangan Lebaran 2018)

Menurut Agus, besaran tarif pesawat telah termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal dalam Negeri.

"Peraturan itu menyebutkan adanya tarif batas atas dan batas bawah tiket pesawat. Sejauh ini, tidak ditemukan adanya pelanggaran tarif oleh maskapai," ujarnya.

Adapun regulasi dimaksud membagi maskapai penerbangan dalam tiga kategori, yaitu pelayanan penuh, pelayanan medium, dan pelayanan minimum (no frills).

Maskapai pelayanan penuh dapat menerapkan 100 persen dari tarif batas atas yang ditetapkan dan maskapai pelayanan medium setinggi-tingginya 90 persen dari tarif batas atas.

(Baca: Tarif Penerbangan Lebaran 2018 Lewati Batas, Maskapai Bakal Kena Sanksi)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X