Toyota Kucurkan 1,34 Miliar Dolar Singapura ke Grab Singapura - Kompas.com

Toyota Kucurkan 1,34 Miliar Dolar Singapura ke Grab Singapura

Kompas.com - 13/06/2018, 11:51 WIB
Logo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Logo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab.


SINGAPURA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation akan berinvestasi 1 miliar dollar Amerika  atau sekira 1,34 miliar dollar Singapura di perusahaan Grab yang berbasis di Singapura.

Straits Times menyebut aksi Toyota Motor Corp itu sebagai investasi terbesar yang dilakukan oleh produsen otomotif untuk sektor angkutan global.

Pihak Grab mengatakan, Toyota akan menjadi investor utama dalam pembiayaan Grab yang tengah berjalan, Rabu (13/6/2018).

(Baca: Grab Dapat Kucuran Modal dari Hyundai)

Soal investor lain, Grab tidak mau memaparkan panjang lebar.

"Toyota akan menjadi salah satu investor utama kami untuk putaran ini. Kami tidak mengungkapkan investor kami yang lain pada saat ini, tetapi tertarik dengan kualitas investor yang berminat untuk bermitra dengan Grab,” kata juru bicara Grab mengatakan kepada The Business Times.

Sebelumnya, pada 2016, Toyota berinvestasi ke saingan Grab, Uber. Pada perkembangannya, operasi Uber di Asia Tenggara diakuisisi Grab pada Maret 2018. Jumlah investasi Grab tersebut tidak diungkapkan secara detail.

(Baca: Uber Bakal Jual Bisnisnya di Asia Tenggara ke Grab)

Sebagai bagian dari investasi tersebut, Toyota akan bermitra dengan Uber untuk membuat program leasing bagi pengemudi baru Uber dan mengeksplorasi layanan mobilitas tambahan.

Sinergi

Berdasarkan perjanjian antara Grab dan Toyota, keduanya akan memperkuat dan memperluas kolaborasi mereka yang ada pada sektor otomotif, khususnya mobil yang terhubung.

Kerja sama itu untuk mendorong adopsi solusi mobilitas baru di seluruh Asia Tenggara.

Grab akan bekerja sama dengan Toyota untuk menyediakan layanan mobil yang terkoneksi melalui Toyota Mobility Service Platform.

Salah satu mobil yang digunakan untuk layanan GrabGerak. Foto diambil Rabu (25/4/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Salah satu mobil yang digunakan untuk layanan GrabGerak. Foto diambil Rabu (25/4/2018).

Layanan yang terkoneksi itu di antaranya asuransi berbasis pengguna, program pembiayaan, dan pemeliharaan prediktif.

Juru bicara Grab mengatakan, pihaknya dan Toyota akan meluncurkan layanan mobil yang terkoneksi, seperti asuransi berbasis telematika, yang dapat mengurangi biaya premi asuransi untuk pengemudi Grab.

Grab menambahkan, investasi tersebut bakal memungkinkan Grab bisa memperluas jangkauan layanan online ke offline, seperti GrabFood dan GrabPay.

Seorang eksekutif Toyota bakal ditunjuk sebagai dewan direksi Grab. Sementara, perwakilan Toyota akan diperbantukan pada Grab sebagai pejabat eksekutif. (Jacquelyn Cheok)

Sumber:
https://www.straitstimes.com/business/companies-markets/toyota-to-invest-us1b-in- grab


Close Ads X