Menhub Sambut Ribuan Pemudik Pengguna Kapal di Pelabuhan Tanjung Emas

Kompas.com - 13/06/2018, 12:04 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Puluhan ribu pemudik dari Jakarta tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (13/6/2018) pagi. Kedatangan mereka langsung disambut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Hari ini kami ke Tanjung Emas dalam rangka menjemput para pemudik gratis menggunakan kapal Jakarta-Semarang," kata Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Budi Karya pun kemudian menemui beberapa pemudik yang baru tiba dari Jakarta. Dia bertanya tentang bagaimana kondisi di dalam kapal dan perasaan mereka mudik menggunakan kapal.

Tak hanya itu, Budi Karya juga bertanya kepada para pemudik apakah berniat menggunakan fasilitas mudik gratis menggunakan kapal lagi tahun depan.

"Dari apa yang saya tanya memang ada satu dua problem, tetapi saat saya tawarkan mudik gratis pakai kapal tahun depan mereka jawab mau ikut lagi, mereka ingin buat kelompok-kelompok pemudik," jelasnya.

Menhub juga mengatakan bahwa mudik gratis menggunakan kapal tahun ini menunjukkan tren positif lantaran okupansinya mencapai 90 persen.

"Kemenhub menyediakan 30.000 orang untuk mudik gratis menggunakan kapal dan okupansinya itu 90 persen. Tahun depan rencananya akan ditingkatkan tiga kali lipat tergantung jumlah kapalnya," tutur Budi Karya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.