Ini Penyebab Kemacetan di Tol Cikampek Menurut Kemenhub

Kompas.com - 13/06/2018, 13:10 WIB
Urai kepadatan pada H-2 lebaran Rabu (13/6/2018), polisi memberlakukan contra flow di km 37 hingga km 66 tol Jakarta-Cikampek. KOMPAS.com/Farida FarhanUrai kepadatan pada H-2 lebaran Rabu (13/6/2018), polisi memberlakukan contra flow di km 37 hingga km 66 tol Jakarta-Cikampek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas Tol Jakarta-Cikampek mengalami kemacetan pada Selasa (12/6/2018) malam. Tercatat ada 104.690 kendaraan yang keluar Jakarta dari Gerbang Tol Cikarang Utama.

Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran 2018, Nurhadi Unggul Wibowo mengatakan, kemacetan tersebut terjadi karena banyak masyarakat yang memilih mudik di waktu bersamaan, yaitu pada Selasa malam.

"(Penyebab kemacetan) karena distribusi kedatangan tidak merata, jadi menumpuk pada malam hari itu. Karena (pegawai) swasta kan baru liburnya kemarin sebagian besar," ujar Nurhadi di Kantor Kemenhub, Rabu (13/6/2018).

Selain itu, kata Nurhadi, kemacetan terjadi karena adanya kendaraan yang mogok. Faktor lainnya juga karena penumpukan pemudik di rest area.

"Banyak kendaraan yang berhenti di bahu jalan, mereka berhenti di bahu jalan karena istirahat, tapi tidak di rest area," kata Nurhadi.

Menurut Nurhadi, pihaknya bersama Polri telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Selasa malam tadi.

"Yang pertama dilakukan contraflow pukul 11.37 WIB tadi malam dan (kendaraan) diarahkan ke jalan arteri Cikarang. Jadi sebagian dialihkan ke jalan arteri," ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X