Menhub Minta "Rest Area" saat Arus Balik Ditambah - Kompas.com

Menhub Minta "Rest Area" saat Arus Balik Ditambah

Kompas.com - 13/06/2018, 17:20 WIB
Kepadatan kendaraan pemudik jelang memasuki rest area Tol  Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+ 7 Lebaran.MAULANA MAHARDHIKA Kepadatan kendaraan pemudik jelang memasuki rest area Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+ 7 Lebaran.

BEKASI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Jasa Marga menambahkan jumlah rest area pada saat arus balik atau milir nanti.

"Kami meminta agar Jasa Marga juga lainnya untuk mencari lokasi dengan tanah yang datar untuk keluar masuk mobil pada saat milir nanti agar bisa dijadikan rest area," kata Budi Karya di Gerbang Tol Cikarang Utama, Rabu (13/6/2018).

Budi Karya menilai, jumlah rest area yang disediakan Jasa Marga untuk milir nanti di sepanjang Tol Cipali belum cukup mengakomodasi para pemilir.

Pasalnya, rest area yang disediakan untuk arus milir nanti hanya tiga, mulai dari KM 186 hingga KM 130.

(Baca: Rest Area Rawan Timbulkan Kemacetan di Tol Jakarta Cikampek)

"Kami berencana agar itu bisa ditambah dua lagi," ujar Budi Karya.

Usulan penambahan rest area tersebut bukannya tanpa alasan. Budi Karya menganggap itu penting guna mengurai kepadatan di jalan tol pada saat milir nanti.

"Selain itu, Kemenhub bersama Jasa Marga dan Polri akan terus memantau tiga rest area yang sudah dipersiapkan agar bisa beroperasi dengan baik," katanya.



Close Ads X