Selepas Lebaran, Jembatan Kalikuto Akan Dikonstruksi Ulang - Kompas.com

Selepas Lebaran, Jembatan Kalikuto Akan Dikonstruksi Ulang

Kompas.com - 13/06/2018, 18:40 WIB
Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.

BATANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan  Jembatan Kalikuto di Gringsing, Jawa Tengah akan dikonstruksi ulang selepas Lebaran 2018.

Adapun saat ini penggunaannya hanya secara fungsional untuk arus mudik Lebaran.

"Hari ini saya selaku koordinator menengok penyelesaian jembatan Kalikuto. Di sini kita lihat bahwa posisi jalan yang dibuka lebarnya empat meter, tetapi ini sifatnya sementara karena hanya digunakan mulai hari ini selama arus mudik. Setelah itu akan dikonstruksi ulang dengan konstruksi lebih besar," jelas Budi Karya di Jembatan Kalikuto, Rabu (13/6/2018).

Pantauan Kompas.com, jalan di Jembatan Kalikuto masih berupa lempengan-lempengan baja. Sementara kontruksi menjelang masuk ke jembatannya masih berupa beton biasa.

(Baca: Rabu Sore Ini Jembatan Kalikuto Resmi Berfungsi 24 Jam)

Meski begitu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna yang turut mendampingi Menhub menyatakan aman untuk dilalui para pemudik.

Menhub Budi Karya saat meninjau Jembatan Kalikuto di Jalan tol fungsional Batang-Semarang, Rabu (13/6/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Menhub Budi Karya saat meninjau Jembatan Kalikuto di Jalan tol fungsional Batang-Semarang, Rabu (13/6/2018).

Di sisi lain, Budi Karya pun mengusulkan penambahan rest area pada jalan tol fungsional Jembatan Kalikuto. Untuk itu, dia akan berkonsultasi dengan Polri dan Jasa Marga guna menetapkan jumlah rest area yang akan dibangun.

"Kita akan diskusikan dengan Kapolri dan Jasa Marga untuk bagaimana memperbanyak rest area. Ya paling tidak di sini ada 5 sampai 10 rest area," ujar Budi Karya.


Komentar
Close Ads X