Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selepas Lebaran, Jembatan Kalikuto Akan Dikonstruksi Ulang

Kompas.com - 13/06/2018, 18:40 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan  Jembatan Kalikuto di Gringsing, Jawa Tengah akan dikonstruksi ulang selepas Lebaran 2018.

Adapun saat ini penggunaannya hanya secara fungsional untuk arus mudik Lebaran.

"Hari ini saya selaku koordinator menengok penyelesaian jembatan Kalikuto. Di sini kita lihat bahwa posisi jalan yang dibuka lebarnya empat meter, tetapi ini sifatnya sementara karena hanya digunakan mulai hari ini selama arus mudik. Setelah itu akan dikonstruksi ulang dengan konstruksi lebih besar," jelas Budi Karya di Jembatan Kalikuto, Rabu (13/6/2018).

Pantauan Kompas.com, jalan di Jembatan Kalikuto masih berupa lempengan-lempengan baja. Sementara kontruksi menjelang masuk ke jembatannya masih berupa beton biasa.

(Baca: Rabu Sore Ini Jembatan Kalikuto Resmi Berfungsi 24 Jam)

Meski begitu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna yang turut mendampingi Menhub menyatakan aman untuk dilalui para pemudik.

Menhub Budi Karya saat meninjau Jembatan Kalikuto di Jalan tol fungsional Batang-Semarang, Rabu (13/6/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Menhub Budi Karya saat meninjau Jembatan Kalikuto di Jalan tol fungsional Batang-Semarang, Rabu (13/6/2018).

Di sisi lain, Budi Karya pun mengusulkan penambahan rest area pada jalan tol fungsional Jembatan Kalikuto. Untuk itu, dia akan berkonsultasi dengan Polri dan Jasa Marga guna menetapkan jumlah rest area yang akan dibangun.

"Kita akan diskusikan dengan Kapolri dan Jasa Marga untuk bagaimana memperbanyak rest area. Ya paling tidak di sini ada 5 sampai 10 rest area," ujar Budi Karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com