Pemudik Belum Banyak yang Manfaatkan "Self Check In" di Bandara - Kompas.com

Pemudik Belum Banyak yang Manfaatkan "Self Check In" di Bandara

Kompas.com - 13/06/2018, 20:17 WIB
Suasana di area check in Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (22/6/2017) siang. Puncak arus mudik via Bandara Soekarno-Hatta diprediksi jatuh pada Jumat (23/6/2017) dan Sabtu (24/6/2017).KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Suasana di area check in Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (22/6/2017) siang. Puncak arus mudik via Bandara Soekarno-Hatta diprediksi jatuh pada Jumat (23/6/2017) dan Sabtu (24/6/2017).

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II menyebutkan fasilitas self check in atau check in secara mandiri untuk penumpang pesawat belum banyak dimanfaatkan.

Padahal, fasilitas self check in sudah tersedia di Bandara Soekarno-Hatta sejak tahun lalu.

" Self check in masih dalam tahap edukasi. Penumpang masih tetap banyak antre di check in counter," kata Direktur Teknik dan Operasional AP II Djoko Murjatmodjo kepada Kompas.com di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (13/6/2018).

Dari total penumpang yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, khususnya selama masa mudik Lebaran, pengguna fasilitas self check in tidak sampai 10 persen.

Revolusi mental

Menurut dia, salah satu penyebabnya adalah kebiasaan pengguna jasa bandara yang masih lebih suka dilayani ketimbang mengurus secara mandiri.

"Perilaku masyarakat kita kan lebih mantap kalau dilayani. Padahal, edukasi ini sudah setahun lebih kami lakukan di beberapa bandara tapi tetap belum (terbiasa), harus pelan-pelan," ujar Djoko.

AP II akan terus mendorong check in secara mandiri sembari melengkapi fasilitas serupa di bandara lain yang dikelola AP II.

Fasilitas check in yang disediakan terdiri dari check in tanpa bagasi maupun check in dengan bagasi.

(Baca: Garuda Imbau Calon Penumpang Manfaatkan Self Check In dan Check In Online)

Fasilitas tersebut diadakan dalam rangka mengurai kepadatan antrean di check in counter.

Self check in juga dibuat sebagai alternatif pilihan bagi calon penumpang supaya tidak tergantung hanya pada check in counter yang tersedia di terminal.


Close Ads X