Ketepatan Waktu Pesawat Selama Mudik Rerata 90 Persen - Kompas.com

Ketepatan Waktu Pesawat Selama Mudik Rerata 90 Persen

Kompas.com - 13/06/2018, 20:33 WIB
Karena penundaan penerbangan dengan alasan pesawat Sriwijaya Air mengalami kerusakan, penumpang tujuan Banjarmasin terlantar di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar,  Rabu (13/6/2018).KOMPAS.com/Hendra Cipto Karena penundaan penerbangan dengan alasan pesawat Sriwijaya Air mengalami kerusakan, penumpang tujuan Banjarmasin terlantar di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (13/6/2018).

TANGERANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mencatat rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan pesawat terbang selama libur Lebaran 2018 sudah cukup baik.

Tingkat ketepatan jadwal yang diukur melalui indikator On Time Performance (OTP) mencatatkan rata-rata mencapai 90 persen.

"Dari 14 airline yang melayani penerbangan berjadwal, OTP-nya sekitar 90 persen. Namun, masih ada beberapa yang terkendala," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso saat ditemui di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (13/6/2018).

Menurut dia, masih ada maskapai yang mengalami penundaan jadwal keberangkatan atau delay pada musim angkutan Lebaran 2018.

(Baca: Pesawat Rusak, Penumpang Sriwijaya Air Terlantar di Bandara Makassar)

 

Meski terjadi delay, imbuhnya, waktu keterlambatannya masih bisa ditoleransi dan pencapaian OTP maskapai tersebut juga tercatat cukup baik.

"Beberapa (maskapai) yang terkendala itu sekitar 75 persen (OTP-nya). OTP ini menjadi sesuatu yang kami perhatikan agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu," ujar Agus.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (13/6/2018)KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (13/6/2018)

Terlepas dari capaian OTP, Agus mengimbau agar setiap maskapai tetap mengutamakan faktor keselamatan ketimbang ketepatan waktu semata.

Kepastian terhadap faktor keselamatan dijamin Kementerian Hubungan melalui ramp check yang telah dilaksanakan sebulan sebelum angkutan Lebaran dimulai.


Close Ads X