Daftar Negara Teraman di Dunia, Indonesia Masuk 10 Besar

Kompas.com - 18/06/2018, 05:22 WIB
Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke kawasan Kuta Bali pada Jumat (22/12/2017) untuk memastikan bahwa pariwisata Bali masih aman meski Gunung Agung tengah erupsi Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke kawasan Kuta Bali pada Jumat (22/12/2017) untuk memastikan bahwa pariwisata Bali masih aman meski Gunung Agung tengah erupsi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga riset internasional Gallup's Law and Order merilis laporan bertajuk Law and Order Index yang berisikan daftar negara teraman, dari yang skor tinggi hingga yang terendah di dunia.

Riset untuk laporan ini menyertakan lebih dari 148.000 orang dewasa sebagai responden dari 142 negara berbeda untuk diwawancarai mengenai topik terkait.

Berdasarkan laporan Gallup's Law and Order yang diterima Kompas.com pada Minggu (17/6/2018), tercatat Indonesia menempati deretan 10 besar negara teraman di dunia.

Indonesia menempati posisi ke-9 dengan skor 89, sementara posisi pertama ditempati Singapura dengan skor 97.

(Baca: Indonesia Peringkat ke-9 dari 10 Negara Teraman di Dunia)

Adapun pertanyaan yang disajikan dalam interview untuk riset ini di antaranya seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polisi lokal, apakah merasa aman saat bepergian sendiri pada malam hari, pernahkah mengalami pencurian, dan pernahkah diserang maupun dirampok dalam setahun terakhir.

Berikut daftar 10 negara teraman versi Gallup's Law and Order tahun 2018:

1. Singapura (skor 97)

2. Norwegia (skor 93)

3. Islandia (skor 93)

Market square di Kota Turku, Finlandia di mana sejumlah orang menjadi korban penusukan Jumat sore.  Lehtikuva/Reuters Market square di Kota Turku, Finlandia di mana sejumlah orang menjadi korban penusukan Jumat sore.

4. Finlandia (skor 93)

5. Uzbekistan (skor 91)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X