BIS: Performa Mata Uang Kripto Memburuk Bila Pengguna Semakin Besar

Kompas.com - 18/06/2018, 13:50 WIB
Ilustrasi mata uang virtual atau mata uang kripto, salah satunya yakni bitcoin sky newsIlustrasi mata uang virtual atau mata uang kripto, salah satunya yakni bitcoin
Penulis Mutia Fauzia
|

LONDON, KOMPAS.com - Bank of International Settlements (BIS), sebuah organisasi yang menaungi bank sentral di seluruh dunia, memperingatkan meningkatnya penggunaan mata uang virtual pda Minggu, (18/6/2018).

Menurut BIS, mata uang kripto (cryptocurrency) tidak dapat diukur dan akan lebih mudah mengalami gangguan terkait kepercayaan dan efisiensi jika semakin banyak orang yang menggunakan.

Berdasarkan laporan tahunan yang dikeluarkan oleh BIS, berbagai bentuk atau jenis uang dapat berfungsi dalam skala besar jika nilainya stabil dan dapat berfungsi secara efisien.

BIS menganggap, kepercayaan dari penggunaan mata uang kripto dapat menghilang begitu saja akibat kerapuhan dari sistem jaringan jenis mata uang virtual ini yang terdesentralisasi.

(Baca: Uang Kripto Korea Selatan Diretas Harga Bitcoin Terjun Bebas)

Jaringan-jaringan tersebut juga rentan terhadap kemacetan transaksi seiring dengan meningkatnya penggunaan mata uang ini.

BIS mencatatkan, tingginya nilai transaksi yang terjadi di mata uang digital bitcoin serta jumlah transaksi yang bisa ditangani oleh bitcoin setiap detiknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kepercayaan dapat menguap setiap waktu karena kerapuhan dan konsensus ketika transaksi direkam," sebut organisasi yang bermarkas di Swiss ini melalui keterangan tertulisnya.

"Hal ini menimbulkan pertanyaan terkait pembayaran transaksi individu, mata uang kripto pun juga dapat berhenti berfungsi sehingga nilainya hilang," lanjut keterangan tersebut.

(Baca: Di Argentina, G20 Sepakat Pantau Transaksi Aset Kripto)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Reuters
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.