Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Lonjakan Arus Balik Hingga H+3 Lebaran

Kompas.com - 18/06/2018, 14:09 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki H+3 Lebaran, belum ada tanda-tanda lonjakan arus balik yang terpantau di darat, laut, dan udara. Hal tersebut terlihat dari sejumlah tayangan CCTV yang ditampilkan di Posko Nasional Angkutan Mudik Lebaran 2018 di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Terdapat 16 lokasi, baik itu darat, laut, dan udara yang dilaporkan belum terjadi lonjakan arus mudik yang berarti sampai dengan siang ini," kata Inspektur Jenderal Kemenhub Wahyu Utomo, kepada wartawan, Senin (18/6/2018).

Lonjakan kendaraan pada saat arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 19 dan 20 Juni mendatang atau tepatnya pada Selasa dan Rabu.

(Baca: Jelang Arus Balik, Menhub Imbau Hindari Pulang 19 dan 20 Juni)

Prediksi tersebut disesuaikan dengan riset yang dilakukan Kemenhub sebelum musim mudik 2018 tiba.

Untuk itu, Kemenhub meminta agar sebagian pemudik untuk kembali ke Jakarta pada Senin ini dan menghindari kepadatan yang kemungkinan terjadi pada esok dan lusa.

"Makanya imbauan-imbauan dari Pak Kapolri dan lainnya itu kalau bisa pulangnya menghindari tanggal 19 dan 20 itu, supaya nanti terurai. Jadi, mulai hari ini ada yang pulang, besok ada yang pulang sehingga betul-betul terurai," ujar Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com