Penumpang Arus Balik Bisa Manfaatkan Layanan "Airport Helper"

Kompas.com - 19/06/2018, 10:15 WIB
Petugas airport helper sedang membawa barang penumpang dengan troli di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/10/2017). Jasa airport helper diberikan bagi penumpang secara cuma-cuma dan petugas dilarang menerima uang tip dari penumpang. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Petugas airport helper sedang membawa barang penumpang dengan troli di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/10/2017). Jasa airport helper diberikan bagi penumpang secara cuma-cuma dan petugas dilarang menerima uang tip dari penumpang.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan airport helper yang disediakan di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

Airport helper adalah petugas yang siap membantu mengangkat barang bawaan dan bagasi penumpang tanpa mengenakan tarif seperti porter.

"Tidak kurang dari 538 airport helper disiapkan guna memberikan layanan kepada para pemudik yang menggunakan jasa kebandarudaraan di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Husein Sastranegara. Mereka ditempatkan di beberapa titik penurunan serta penjemputan penumpang," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin kepada Kompas.com, Senin (18/6/2018).

(Baca: Kerja Airport Helper di Bandara Soetta Kini Dipantau Lewat Aplikasi)

Awaluddin merinci, pihaknya menempatkan airport helper di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 136 orang, di Terminal 2 sebanyak 199 orang, serta 171 airport helper di Terminal 3.

Sementara jumlah airport helper di Bandara Husein Sastranegara sebanyak 32 orang.

Adapun tugas airport helper kini berkembang ke dalam bentuk pelayanan yang lebih luas lagi. Awaluddin mengungkapkan, selain membantu mengangkat barang bawaan penumpang, airport helper juga dilatih untuk memenuhi kebutuhan penumpang khusus seperti lanjut usia (lansia) dan ibu hamil.

"Airport helper juga bisa membantu proses check in penumpang di bawah umur," tutur Awaluddin.

(Baca: Kata Penumpang Soal Perubahan Porter Jadi Airport Helper)

Kementerian Perhubungan sebelumnya memprediksi arus balik Lebaran dimulai dari hari ini hingga beberapa hari ke depan, yakni Selasa (19/6/2018) dan Rabu (20/6/2018).

Penumpang yang menjalani arus balik menggunakan pesawat terbang diperkirakan akan datang dengan barang bawaan yang cukup banyak, sehingga bisa meminta bantuan kepada airport helper yang telah disiagakan, khususnya di dua bandara tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X