Pasar Khawatirkan Perang Dagang, Pasar Saham AS Ditutup Variatif

Kompas.com - 19/06/2018, 10:23 WIB
Ilustrasi New York Stock Exchange Thinkstockphotos.comIlustrasi New York Stock Exchange
Penulis Mutia Fauzia
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Pasar saham Amerika Serikat (AS), Wall Street, ditutup variatif pada awal minggu ini, Senin (18/6/2018), setelah pemerintah AS memutuskan untuk meneruskan kebijakan tarif terhadap produk China senilai 50 juta dollar AS.

Dow Jones Industrian Avarage anjlok hingga 103,01 poin menjadi 24.987,47. S&P 500 turun tipis 5,79 poin menjadi 2.773,87, sementara indeks Nasdaq Composite menguat tipis 0,65 poin menjadi 7.747,02.

Seperti yang telah diprediksi, China membalas rencana pemberlakuan tarif oleh AS dengan memberlakukan hal serupa terhadap produk-produk impor AS.

Tindakan saling balas kebijakan tarif ini mendorong kekhawatiran pasar akan perang dagang yang tidak kunjung usai.

(Baca: China Balas Ancam Berlakukan Tarif Produk Energi dari Amerika Serikat)

Di sisi lain, data ekonomi pemerintah AS yang dikeluarkan pada hari Senin ini termasuk indeks pasar perumahan National Association of Homebuilders untuk bulan Juni 2018 yang jatuh 2 poin menjadi 68 poin.

Indeks penjualan kontrak berjangka pun jatuh ke titik terendahnya setelah 7 bulan menjadi 76 poin dikarenakan kekhawatiran biaya pembangunan yang semakin mahal.

Selain itu, pemimpin New York Fed yang baru John Williams dalam sebuah konferensi pers mengatakan akan merubah dan mereformasi tatanan jasa keuangan.

Adapun untuk perusahaan China JD.com, indeks harga sahamnya di pasar saham Amerika meningkat selepas Google mnegumumkan akan menggunakan 550 juta dollar AS untuk berinvestasi di perusahaan e-commerce pesaing Alibaba tersebut.

(Baca: Google Investasi Rp 7 Triliun ke E-Commerce China JD.com)

Sementara untuk harga kontrak berjangka minyak AS meningkat 1,3 persen menjadi 65,69 dollar AS per barrel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X