Perusahaan Korsel Bakal Bangun Pabrik Kabel Listrik di Karawang

Kompas.com - 19/06/2018, 11:57 WIB
Program Listrik Desa Disambut Bahagia Warga Desa Kamiri Sulawesi SelatanKOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Program Listrik Desa Disambut Bahagia Warga Desa Kamiri Sulawesi Selatan

SEOUL, KOMPAS.com - Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) LS Cable & System (LS C&S) berencana membangun pabrik kabel listrik di Indonesia.

Pabrik listrik tersebut diperkirakan memiliki nilai hingga 50 juta dollar Amerika Serikat (AS).

"Pembangunan pabrik tersebut dilakukan di Artha Industrial Hill di Karawang Barat dengan skema joint venture bersama PT Artha Metal Sinergi (AMS)," jelas Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Korsel Umar Hadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/6/2018).

Umar menambahkan, kesepakatan tersebut terjalin dengan ditekennya perjanjian kerja sama antara LS Cable & System dengan PT Artha Metal Sinergi di KBRI Seoul pada 18 Juni 2018.

(Baca: Korea Selatan Didorong untuk Investasi ke Sektor Elektronik)

Pabrik seluas 64.000 meter tersebut rencananya akan siap beroperasi pada akhir 2019.

Keberadan pabrik itu juga ditargetkan menghasilkan penjualan sebesar 100 juta dollar AS pada 2025.

"Dengan akan berdirinya pabrik kabel ini, diharapkan target pemerintah dalam mencapai distribusi tenaga listrik yang memadai di seluruh pelosok Nusantara semakin mudah direalisasikan," ujar Umar.

Umar pun menyambut baik keputusan LS C&S yang bakal membangun pabrik listrik di Indonesia.

(Baca: Korea Selatan Minat Investasi di Proyek LRT Jabodetabek)

Dia pun meyakinkan pihak Korsel bahwa Indonesia adalah tempat yang tepat untuk berinvestasi.

“Saya menyebut Indonesia dalam formula 3+2. Tiga hal utama yang menjadikan Indonesia tempat terbaik adalah besarnya pasar yang ada, akses, dan ketersediaan bahan mentah serta jumlah angkatan kerja yang berlimpah. Selain itu, dua elemen pendorongnya adalah Pemerintah Indonesia yang pro-bisnis serta Indonesia juga merupakan negara yang aman,” kata dia.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X