Perang Dagang Memanas, Eksportir Karet Ketar-ketir

Kompas.com - 20/06/2018, 19:19 WIB
Pekerja mengumpulkan getah karet di area hutan PTPN IX, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (11/1). Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) menargetkan ekspor karet pada 2018 sebesar 3,2 juta ton lebih besar daripada target tahun 2017 yaitu 2,7 juta ton. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/ama/18 Harviyan Perdana PutraPekerja mengumpulkan getah karet di area hutan PTPN IX, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (11/1). Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) menargetkan ekspor karet pada 2018 sebesar 3,2 juta ton lebih besar daripada target tahun 2017 yaitu 2,7 juta ton. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/ama/18

JAKARTA, KOMPAS.com - Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang kian memanas akan berpengaruh pada kinerja ekspor karet Indonesia.

Ketua Umum Dekarindo Azis Pane mengatakan, perang dagang antara kedua negara tersebut akan mengakibatkan turunnya harga komoditas, salah satunya adalah karet.

Berdasarkan Bloomberg, harga komoditas karet pada Selasa (19/6/2018) sekitar 1,58 dollar AS per kilogram (kg), terendah dalam beberapa pekan terakhir.

Padahal, beberapa hari sebelumnya harga karet sempat menyentuh 1,78 dollar AS per kg.

(Baca: Perang Dagang Memanas, Neraca Perdagangan Kemungkinan Kembali Defisit)

"Perang dagang ini akan menimbulkan ketidakpastian. Akhirnya, orang akan takut berproduksi sehingga mereka tidak menggunakan bahan baku," ujar Azis yang dikutip dari Kontan.co.id, Rabu (20/6/2018).

Azis belum bisa memperkirakan berapa besar penurunan ekspor yang akan terjadi dengan adanya perang dagang ini.

Penurunan harga karet ini, ia melanjutkan, tentu akan mengakibatkan eksportir enggan mengekspor karet.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Meski ekspor karet melemah, Azis melihat bahwa ekspor ban ke AS tetap meningkat. Oleh karenanya, ia meminta supaya produk hilir karet dalam negeri terus ditingkatkan.

"Penggunaan karet di dalam negeri harus ditingkatkan, supaya kita tidak bergantung pada ekspor bahan baku," katanya. (Lidya Yuniartha/ Wahyu Rahmawati)


Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Perang dagang AS-China akan mempengaruhi ekspor karet



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X