Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Inggris Membaik Setelah Kekhawatiran Perang Dagang Mereda

Kompas.com - 21/06/2018, 09:26 WIB
Kurniasih Budi

Penulis


LONDON, KOMPAS.com - Indeks saham unggulan di bursa Inggris naik bersama sejumlah bursa di Eropa menyusul meredanya kekhawatiran atas dampak perang dagang antara Amerika Serikat dan China, Rabu (20/6/2018).

Indeks FTSE 100 naik 0,3 persen setelah tiga hari berturut-turut mengalami penurunan. Sementara, indeks FTSE 250 yang fokus atas saham-saham domestik naik 0,4 persen.

FTSE dibuka 1 persen lebih tinggi, tetapi penguatan mata uang poundsterling kemudian menekan kenaikan tersebut.

Pound melonjak setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May memenangi suara soal Brexit di parlemen.

(Baca: PM Inggris: Brexit Tetap Terjadi di 2019)

Saham konsumen multinasional memimpin kenaikan pada FTSE setelah mengalami penurunan terburuk pada sesi perdagangan sebelumnya.

Produsen rokok British American Tobacco dan Imperial Brands mendapat dorongan dari broker Liberum karena adanya rekomendasi beli meskipun ada peningkatan risiko regulasi.

Perusahaan minyak BP dan Royal Dutch Shell mengalami penurunan terbesar, masing-masing turun 1,1 persen dan 0,9 persen, di tengah ketegangan pasar minyak menjelang pertemuan OPEC pada Jumat (23/6/2018) mendatang.

Harga minyak mentah naik sedikit tetapi tetap di bawah tekanan menjelang pertemuan yang diperkirakan akan memutuskan peningkatan produksi minyak global tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com