KILAS EKONOMI

Puncak Arus Balik Kedua Diprediksi Terjadi pada Hari Minggu

Kompas.com - 22/06/2018, 06:09 WIB
Bandara Internasional Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Bandara Internasional Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.


BOYOLALI, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik kedua akan terjadi pada Minggu (24/6/2018).

Arus balik libur Lebaran akan meningkat karena Senin (25/6/2018) merupakan waktu kembali ke sekolah bagi para pelajar.

“Diprediksi akan ada puncak arus balik kedua yang akan terjadi pada Minggu (24/6/2018) karena pada Senin (25/6/2018) merupakan hari kembali ke sekolah,” kata Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso saat melakukan inspeksi arus balik di Bandara Adi Soemarmo, Kamis (21/6/2018).

(Baca: Puncak Arus Balik dengan Pesawat Diprediksi Terjadi Hari Ini)

Selama puncak mudik Lebaran yaitu pada hari H-2, terdapat 7.511 penumpang yang dilayani di Bandara Adi Soemarmo.

Sementara, pada puncak arus balik pertama pada H+3, terdapat 7.610 penumpang yang dilayani.

“Rute gemuk selama Lebaran dari dan ke Solo berasal dari Jakarta, Palangkaraya, Palembang, dan Bali,” ujarnya melalui pernyataan tertulis, Jumat (22/6/2018).

PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Adi Soemarmo di Boyolali, Jawa Tengah.KOMPAS.com/Labib Zamani PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Adi Soemarmo di Boyolali, Jawa Tengah.

Dari laporan AirNav untuk Bandara Adi Soemarmo, tiap hari terdapat antara 76 hingga 81 penerbangan datang dan pergi selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Jumlah itu meningkat dibandingkan hari biasa yang berjumlah 66 penerbangan datang dan pergi.

Bandara tersibuk di Indonesia

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso saat di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta untuk memantau langsung arus balik KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso saat di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta untuk memantau langsung arus balik

Agus menjelaskan, bandara di Solo dan Yogyakarta bersama dengan bandara di Semarang dan Surabaya merupakan bandara yang tersibuk untuk kedatangan arus mudik dan melayani arus balik Lebaran 2018.

“Alhamdulillah, seperti juga di Jogja, kondisi arus balik di Bandara Solo ini juga lancar, aman dan terkendali, sungguhpun penumpang relatif banyak. Maklum besok mulai bekerja lagi," ujar Agus.

Walaupun penumpang membludak tapi pergerakan penumpang relatif lancar karena penerbangan tersedia dengan baik, fasilitas terminal bagus, dan keamanan terjaga.

Bahkan, parking stand untuk pesawat sudah ditambah dari 10 menjadi 15 untuk pesawat narrow body sekelas Boeing 737 dan Airbus 320.

(Baca: Presiden Jokowi: Manajemen Arus Mudik dan Balik Lebaran Sangat Bagus)

Selain itu, pengelola bandara menyediakan lokasi parkir mobil tambahan. Arus keluar-masuk penumpang juga direkayasa sedemikian rupa sehingga lebih efisien.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X