Investor Protes Rencana "Reverse Stock" Bakrieland

Kompas.com - 22/06/2018, 12:54 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/5/2018). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana reverse stock PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) tak disambut positif oleh investor ritel. Tergabung dalam kumpulan investor ritel yakni Forty, alih-alih mengumumkan rencana reverse stock, ELTY sudah diprotes.

Sekitar 5 menit sebelum kegiatan public expose insidentil dimulai, anggota Forty berfoto di hadapan podium sambil memegang spanduk bertuliskan "Tolak Reverse Stock ELTY Bakrieland, stop rugikan investor!"

Salah satu perwakilan Forty mengungkapkan, rencana reverse stock akan merugikan investor. "Ini sangat merugikan, ELTY ini fundamentalnya bagus, dipaksa reverse stock, ini sudah keterlaluan," ujarnya sebagaimana dilansir Kontan.co.id, Jumat (22/6/2018).

(Baca: BNBR Terancam Kembali Jadi Saham Gocap)

Menurut perwakilan ELTY, aksi sejenis yang pernah dilakukan di grup yang sama yakni UNSP dan ENRG. Faktanya, dalam waktu 6 hari terakhir, perdagangan saham telah hilang hingga 85 persen, menurut investor tersebut.

"Jadi ini (reverse stock ELTY) ini sangat dipaksakan dan banyak ganjalan dalam prosesnya. Kita sebagai investor enggak mau dipaksa manajemen seperti ini," ujarnya.

ELTY bakal melakukan reverse stock dengan rasio 10:1 dengan tujuan restrukturisasi utang dengan cara konversi saham. Utang tersebut berasal dari kreditur PT Geo Link Indonesia dengan nilai pagu pinjaman mencapai Rp 500 miliar.

(Baca: Kenapa Bakrieland Tetap Bisa Bertahan dari Maut)

"Dalam proses restrukturisasi, PT Geo Link Indonesia meminta agar harga saham ELTY lebih wajar. Sehingga, rencana reverse stock menjadi opsi untuk merealisasikan hal tersebut," kata Direktur ELTY Agus Jayadi Alwie, Jumat (22/6/2018).

Sebagai informasi, saat ini jumlah saham yang ditempatkan dan disetor ELTY mencapai 43,52 miliar saham. Nantinya, saat reverse stock dilakukan, saham ELTY akan turun menjadi 4,35 miliar saham. (Intan Nirmala Sari/ Wahyu Rahmawati)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Investor tolak reverse stock Bakrieland Development

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber KONTAN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X