KILAS EKONOMI

Kemenhub Kawal Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 22/06/2018, 18:28 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (21/6/2018) Dok. Humas Ditjen HubudPresiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (21/6/2018)


BANTEN, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara siap mengawal pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta yang akan dimulai pada 2020.

Tahun ini, jumlah penumpang yang melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta sudah mencapai 63 juta penumpang.

Pada 2025, jumlah itu diperkirakan melonjak hingga 100 juta orang. Pemerintah perlu menyiapkan fasilitas pendukung agar lonjakan penumpang bisa diakomodasi.

Saat ini, rancangan terminal baru ini sedang dikerjakan. Presiden Joko Widodo memastikan Terminal 4 berlokasi di bekas lapangan golf Suwarna yang berada dalam kawasan bandara.

(Baca: Jokowi Perintahkan Bangun Terminal 4 Bandara Soetta, Anggarannya Rp 14 Triliun)

Kepastian itu disampaikan Jokowi saat mengontrol dan memberikan arahan langsung untuk kelancaran arus balik lebaran di Terminal 1 C Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (21/6/2018).

“Jadi apa yang sudah dicanangkan Presiden sangat tepat. Kami sebagai regulator penerbangan nasional akan melaksanakannya dengan serius," ujar Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso  melalui pernyataan tertulis, Jumat (22/6/2018).

Dua proyek

Agus memaparkan saat ini terdapat dua proyek yang sedang dikerjakan di Bandara Soekarno-Hatta.

Pertama, pembangunan landasan pacu ( runway) ke-3 sepanjang 3.000 meter dan east cross serta parallel taxi way sepanjang 3.160 meter.

Pembangunan landasan pacu baru itu sudah dimulai pada Maret 2018 tapi masih terkendala pembebasan tanah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X