Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Bentuk Tim "Ad Hoc" untuk Antisipasi Kecelakaan Penyeberangan di Danau Toba

Kompas.com - 24/06/2018, 21:32 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membentuk Tim Ad Hoc guna mengantisipasi kecelakaan sebagaimana yang dialami KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, Senin pekan lalu.

"Kami membentuk tim Ad Hoc yang terdiri dari Kemenhub, KNKT, Dishub, Kepolisian, dan Basarnas. Tugasnya adalah untuk melakukan pendampingan dan memberikan suatu syarat-syarat baru bagi penyeberangan di Toba," terang Budi Karya kepada media di Kantor Jasa Marga, Cikarang Utama, Bekasi, Minggu (24/6/2018).

Selain untuk menelusuri KM Sinar Bangun yang tenggelam, Tim Ad Hoc tersebut juga akan melakukan tugas preventif ke depannya, agar tak ada lagi kecelakaan transportasi penyeberangan di Danau Toba.

Tindakan preventif tersebut dilakukan dengan menerapkan syarat-syarat baru untuk penyelenggara transportasi penyeberangan di Danau Toba.

"Apa syarat itu? Pertama cek apakah setiap kapal itu memenuhi unsur-unsur kelayakan yang selama ini sudah dilakukan," ucap Budi Karya.

Kedua, lanjut dia, yang patut segera dilaksanakan karena merupakan rekomendasi KNKT adalah kapal tidak dilarang menggunakan atap dek karena bisa membuat keseimbangan kapal terganggu.

"Yang ketiga adalah tiga serangkai yaitu membuat manifes, memastikan jumlah penumpang agar tidak melebihi yang diberikan izin dari Dishub , dan ketiga penumpang harus menggunakan life jacket," tandas Budi Karya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com