Menata Keuangan Pasca Lebaran

Kompas.com - 25/06/2018, 09:09 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKS/WAVEBREAKMEDIAIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepulang mudik dan perayaan Lebaran, biasanya kondisi keuangan agak berantakan diterpa banyak pengeluaran. Saatnya menata dan mengatur keuangan lagi supaya kesehatan finansial terjaga.

Rangkaian perayaan Lebaran telah usai. Rutinitas harian kembali lagi kita jalani. Rangkaian perayaan Lebaran yang diawali mulai dari puasa sampai arus mudik hingga arus balik biasanya menyisakan cerita tentang kondisi keuangan pribadi yang rada berantakan.

Terlebih bila sebelumnya tidak ada pengaturan yang jeli tentang finansial seputar Lebaran. Apakah kamu menghadapi hal yang serupa?

Kondisi keuangan yang sedikit berantakan seusai rangkaian perayaan tahunan yang panjang memang jamak terjadi.

Nah, mumpung sekarang masih di pekan-pekan awal kembali berutinitas, saatnya bagi Anda untuk menata kembali dan mengatur keuangan dengan lebih baik.

Baca juga: 8 Kebiasaan Sederhana yang Buat Keuangan Terus Stabil

Tujuannya, agar kondisi finansial dan target-target keuangan kamu di masa mendatang tetap bisa tercapai. Selain itu, supaya kelak ketika musim perayaan Lebaran kembali datang, kamu lebih siap menghadapi dari segi finansial.

Simak langkah-langkah menata dan mengatur keuangan pasca Lebaran berikut ini, seperti disarikan oleh situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id:

1.   Periksa pendapatan yang tersisa

Langkah pertama adalah, mendaftar semua rekening yang Anda miliki dan catat satu per satu posisi terakhir sisa pendapatan yang kamu miliki. Misalnya, di rekening penerimaan gaji berapa yang tersisa, rekening dana darurat berapa yang tersisa, dan lain sebagainya.

Kumpulkan semua dana yang Anda miliki. Namun, pastikan dana yang Anda perhitungkan adalah dana di luar yang tersimpan di rekening investasi. Dengan kata lain, uang di rekening investasi, tidak boleh diotak atik.

2.  Daftarlah pengeluaran sampai akhir bulan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X