Libur Pilkada Serentak, Bank Mandiri Buka 127 Cabang - Kompas.com

Libur Pilkada Serentak, Bank Mandiri Buka 127 Cabang

Kompas.com - 26/06/2018, 12:08 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri memutuskan untuk tetap beroperasi secara terbatas pada 27 Juni 2018.

Pemerintah menetapkan Rabu (27/6/2018) sebagai hari libur nasional karena adanya pemungutan suara pemilihan kepala daerah serentak 2018.

"Kami akan beroperasi secara terbatas, dalam pengertian, akan ada beberapa cabang kami yang tetap buka," ujar Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas ketika dihubungi Kompas.com melalui pesan singkat, Selasa (26/6/2018).

Lebih lanjut Rohan menambahkan, terdapat 127 cabang Bank Mandiri yang akan tetap beroperasi pada hari pelaksaan Pilkada serentak.

Baca juga: Pilkada Serentak, Konsultan Politik Untung Besar?

Mereka akan tetap akan menjalankan layanan-layanan seperti buka rekening, cek saldo, setor tunai, pemindahbukuan, dan layanan lain di kantor-kanotor cabang yang beroperasi secara normal.

"Untuk layanan berjalan hampir penuh seperti normal," tambah Rohan.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden yang mengatur hari Rabu, 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional.

Keppres soal libur nasional tanggal 27 Juni sudah ditandatangani Presiden," kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo kepada Kompas.com, Senin (25/6/2018). Ada 171 daerah yang akan berpartisipasi. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada.

Sebelumnya, Bank Indonesia juga telah mengonfirmasi akan tetap beroperasi pada hari libur nasional Pilkada serentak ini.

Layanan kegiatan penyelenggaraan Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP), dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) akan tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang berlaku. Begitu pula dengan mekanisme penyediaan pendanaan awal (prefund) untuk Layanan Transfer Dana dan Layanan Kliring Warkat Debit melalui SKNBI.

BI juga akan tetap melakukan operasi moneter rupiah untuk Standing Facilities Rupiah (Deposit Facility dan Lending Facility).

Meskipun, seluruh transaksi operasi moneter valas pada 27 Juni 2018 akan ditiadakan. Dengan demikian, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pada tanggal 27 Juni 2018 juga tidak diterbitkan.



Close Ads X