Sempat Bermasalah, Layanan Lion Air dari dan ke Batam Kembali Normal

Kompas.com - 26/06/2018, 17:30 WIB
Pesawat maskapai Lion Air, yakni Airbus 330-300 nomor penerbangan JT-118, membawa ratusan jamaah umrah langsung dari Balikpapan ke Madinah. Rute ini akan berlangsung rutin 1 kali dalam 1 minggu. Kompas.com/Dani JPesawat maskapai Lion Air, yakni Airbus 330-300 nomor penerbangan JT-118, membawa ratusan jamaah umrah langsung dari Balikpapan ke Madinah. Rute ini akan berlangsung rutin 1 kali dalam 1 minggu.

BATAM, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air mengonfirmasi bahwa layanan operasional dari dan menuju Bandara Hang Nadim, Batam telah kembali normal.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, normalisasi operasional layanan Lion Air tersebut dilakukan setelah bandara dinyatakan aman untuk proses mendarat dan lepas landas pesawat.

"Seluruh penanganan penerbangan yang mendarat dan berangkat dilakukan sesuai prosedur dengan menggunakan jadwal terbaru," kata Danang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/6/2018).

Danang juga memberikan klarifikasi terkait adanya penundaan kedatangan dan keberangkatan pesawat yang disebabkan oleh cuaca buruk di Batam.

(Baca: Lion Air Jakarta-Batam Gangguan Sebelum Mendarat)

Cuaca buruk tersebut membuat jarak pandang kurang dari 500 meter sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB sehingga tidak memenuhi kualifikasi keselamatan penerbangan. 

"Karena itu, Lion Air memutuskan untuk menunda operasional beberapa penerbangan dengan alasan demi menjamin keselamatan dan keamanan seluruh penumpang dan kru," imbuh Danang.

Pesawat dengan nomor penerbangan JT970 dengan rute Kualanamu-Batam pun terpaksa kembali ke Bandara Kualanamu setelah berputar (holding) tiga kali lantaran jarak pandang masih pendek (below visibility).

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan tersebut lepas landas pada pukul 07.01 WIB dan kembali ke Bandara Kualanamu pada pukul 10.15 WIB.

(Baca: Pembuka Pintu Darurat Lion Air di Pontianak Terancam Delik Perusahaan)

"Pesawat dengan nomor penerbangan JT970 itu pun akhirnya diterbangkan kembali dari Kualanamu pada pukul 10.43 WIB," ujar Danang.

Akibat peristiwa itu, beberapa penerbangan rute Batam menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur pergi pulang (PP) dan Batam ke Kualanamu mengalami keterlambatan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X