Reformasi Program Pensiun, Benefit untuk Pensiunan Akan Lebih Besar

Kompas.com - 26/06/2018, 22:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan manfaat bagi para pensiunan Aparatur Sipil Negara, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri nantinya akan lebih besar dari ketentuan saat ini.

Hal itu menjadi bagian dari awal reformasi program pensiun yang baru saja dibahas pemerintah melalui rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Selasa (26/6/2018) siang.

"Ini adalah rapat untuk menyampaikan konsep awal dari reformasi mengenai program pensiun. Jadi, pemikiran untuk bagaimana membuat agar pensiun dari ASN, TNI, Polri, termasuk yang di daerah, untuk bisa diperbaiki dari sisi benefit atau manfaat yang diperoleh," kata Sri Mulyani saat ditemui di Kementerian Keuangan, Selasa malam.

Salah satu poin yang dibahas di awal rapat mengenai program ini adalah mengubah komponen di program pensiun, dari yang dinamakan manfaat pasti menjadi kontribusi pasti.

(Baca: Presiden Jokowi: THR dan Gaji ke-13 untuk ASN Belum Cukup)

 

Sri menjelaskan kontribusi pasti yang dimaksud tidak hanya mengacu dari besaran gaji pokok, tetapi komponen lain yang membuatnya setara dengan take home pay 1 bulan.

"Karena dihitung dari take home pay, kami harap kalkulasinya bisa mendapat manfaat yang lebih sesuai. Namun, karena ini masih awal, hitung-hitungannya akan kami presentasikan kepada kabinet dan bagaimana implikasinya terhadap pengelolaan APBN," kata dia. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah sedang memperbaiki sistem kesejahteraan dan perlindungan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah dengan menciptakan kesinambungan untuk para pensiunan.

(Baca: Taspen Lakukan Pendataan Ulang Pensiunan PNS)

Jokowi juga merasa kebijakan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 tahun ini belum cukup, karena baru menyentuh aspek kesejahteraan untuk jangka pendek.

Sehingga, melalui reformasi program pensiunan yang sedang dibahas, bisa memberikan kesinambungan untuk jangka panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.