Pertamina Akan Uji Pasar Elpiji 3 Kg Non-subsidi di Dua Kota Besar

Kompas.com - 28/06/2018, 13:28 WIB
SPBU COCO Yos Sudarso membuka layanan program promo trade in atau penukaran LPG 3 kilogram dengan Bright Gas 5,5 kilogram untuk masyarakat Sumatera Utara, Rabu (22/11/2017) KOMPAS.com / Mei LeandhaSPBU COCO Yos Sudarso membuka layanan program promo trade in atau penukaran LPG 3 kilogram dengan Bright Gas 5,5 kilogram untuk masyarakat Sumatera Utara, Rabu (22/11/2017)


JAKARTA,  KOMPAS.com - Mulai awal Juli 2018, PT Pertamina Persero akan melakukan uji pasar untuk elpiji 3 kilogram (Kg) non-subsidi sebelum resmi diluncurkan.

Uji pasar dilakukan di dua kota besar di Indonesia yakni Jakarta dan Surabaya.

"Target kita ke Jakarta dan Surabaya," ujar VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito kepada Kompas.com, Kamis (28/6/2018).

Elpiji 3 Kg non-subsidi menyasar kalangan menengah ke atas. Untuk Jakarta, Pertamina akan menyasar wilayah yang tingkat perekonomiannya lebih tinggi dan juga kawasan elit.

(Baca: 1 Juli, Pertamina Jual Elpiji 3 Kg Non-Subsidi)

"Kemungkinan kita coba di daerah Pondok Indah," kata Adiatma.

Uji pasar dilakukan untuk mengukur minat masyarakat terhadap gas non-subsidi tersebut. 

Hingga kini, Pertamina belum menentukan harga yang pasti untuk elpiji 3 Kg non-subsidi. Namun, harga elpiji tersebut dijual di atas Rp 11.000 per Kg. Dengan demikian, harganya diperkirakan bisa lebih dari Rp 35 ribu per tabung.

Adapun pembeda tabung elpiji 3 Kg subsidi dengan yang non-subsidi adalah dengan warna dan tambahan tulisan.

Pengcer LPG 3 Kg di Kendal. KOMPAS.com/Slamet Priyatin Pengcer LPG 3 Kg di Kendal.

 

Khusus untuk yang bersubsidi, ada tulisan "Khusus Masyarakat Miskin" pada tabung elpiji.

Pertamina berharap, produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat kelompok mampu yang selama ini lebih cocok menggunakan elpiji ukuran 3 Kg.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X