Gelar Asian Agriculture and Food Forum, HKTI Ingin Promosikan Produk Unggulan RI

Kompas.com - 28/06/2018, 15:14 WIB
Ketua Umum HKTI Moeldoko saat  di JCC Senayan, Kamis (28/6/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAKetua Umum HKTI Moeldoko saat di JCC Senayan, Kamis (28/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI) menyelenggarakan Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (28/6/2018).

Ketua Umum HKTI, Moeldoko mengatakan, dalam kegiatan itu akan diselenggarakan Konferensi Pangan Asia, Pameran Pertanian Asia, Forum Bisnis, dan Food Festival.

"Kepada masyarakat Indonesia saat ini HKTI tengah menyelenggarakan ASAFF. Sebuah kegiatan yang didalamnya ada kegiatan pameran, konferensi dan kegiatan lain yang bersifat bagaimana HKTI peduli terhadap isu-isu global, yaitu tentang food security dan water security," ujar Moeldoko di JCC Senayan, Kamis.

Moeldoko berharap dalam kegiatan tersebut bisa mempromosikan produk-produk unggulan pertanian di Indonesia. Menurut dia, produk pertanian Indonesia mempunyai potensi yang besar.

Baca juga: Beredar Bawang Merah Palsu, Ini Kata HKTI

"Kita memiliki produk buah-buahan tropis yang tidak banyak dimiliki negara lain. Tetapi keunggulan itu sampai saat ini belum terangat dengan baik di global. Kita memiliki durian yang bagus, manggis, apel yang sangat spesifik, pisang yang luar biasa. Semuanya bisa dibawa ke pasar internasional," kata Moeldoko.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan ini menambahkan, acara ini bisa memberikan edukasi bagi petani Indonesia. Sebab, dalam kegiatan ini dihadiri oleh beberapa negara maju dalam dunia pertanian.

"Oleh karena itu melalui ASAFF ini kita mengundang negara-negara yang teknologi pertaniannya maju sehingga melalui ini terjadi tranfer ilmu dan berbagai hal yang bertujuan meningkatkan kualitas dan produktifitas petani Indonesia," ucap dia.

Dalam ASAFF 2018 ini diikuti peserta luar negeri dari tujuh negara. Sedangkan programnya menyajikan lima kegiatan utama yang dilaksanakan, yaitu Konferensi Pangan Asia, Pameran Pertanian Asia, Forum Bisnis, Food Festival, dan Anugerah Penghargaan lnovasi Pertanian.

Konferensi internasional menyajikan empat sesi pokok pembahasan, yaitu mengenai Sistem Inovasi Pertanian di Negara-negara Asia, Peran Bisnis dan Perusahaan Dalam Mata Rantai Pertanian, Dimensi SosiaI-politik Dalam Pertanian dan Keamanan Pangan, lalu Pertanian dan Revolusi Industri Keempat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X