Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Beri Utang 300 Juta Dollar AS untuk Reformasi Logistik

Kompas.com - 29/06/2018, 19:07 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA,  KOMPAS.com - Dewan Direksi Eksekutif Bank Dunia menyetujui pinjaman sebesar 300 juta dollar Amerika Serikat (AS) yang akan diberikan ke Pemerintah Indonesia.

Pinjaman itu merupakan bagian dari program Second Indonesia Logistics Reform Development Policy Loan (DPL) yang diberikan untuk mendukung pemerintah dalam melakukan reformasi pengurangan biaya sekaligus meningkatkan kehandalan logistik maritim.

Logistik maritim yang efisien penting bagi pertumbuhan yang lebih tinggi di sektor manufaktur, pertanian dan jasa,” kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia dan Timor-Leste Rodrigo A Chaves dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/6/2018).

Rodrigo menambahkan, logistik yang lebih baik akan meningkatkan daya saing Indonesia.

(Baca: Jokowi Minta Kapolri Tangkap Oknum Penghambat Dwell Time)

Selain itu juga akan membantu mengurangi tingkat kemiskinan dengan menurunkan harga barang dan jasa di daerah pelosok, terutama di kawasan timur Indonesia.

Di sisi lain, Rodrigo masih melihat adanya beberapa hambatan dalam peningkatan daya saing Indonesia.

Hambatan tersebut di antaranya adalah operasi pelabuhan yang tidak efisien, pasar layanan logistik yang tidak kompetitif, dan prosedur perdagangan yang panjang,

"Pelabuhan sering menjadi titik penghambat dalam rantai logistik Indonesia akibat dari infrastruktur yang terbatas, regulasi, dan produktivitas yang rendah," ujar Rodrigo.

(Baca: Pebisnis Dukung Modernisasi Pelabuhan Tanjung Priok untuk Tekan Dwell Time)

Hambatan-hambatan tersebut kemudian diidentifikasi Rodrigo berkontribusi pada lebih tingginya biaya logistik Indonesia ketimbang negara lainnya seperti Thailand dan Vietnam.

Bukan hanya itu, kinerja logistik Indonesia juga terpantau lebih rendah bila dibandingkan dengan negara lain di kawasan ASEAan seperti yang tercatat dalam World Bank’s Logistics Performance Index.

“Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar, dengan sekitar 17.000 pulau, saat ini memiliki rantai logistik yang panjang dan terfragmentasi. Proyek DPL ini akan membantu mengatasi beberapa hambatan utama di berbagai titik rantai persediaan,” sambung World Bank Senior Economist Massimiliano Calì.

Reformasi Pengelolaan Logistik

Adapun pinjaman dalam DPL yang diberikan Bank Dunia fokus untuk memperkuat tata kelola dan operasional pelabuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com