Pembangunan PLTB Tolo Diperkirakan Rampung Agustus 2018

Kompas.com - 02/07/2018, 05:10 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo di Jeneponto, Sulawesi Selatan pada Minggu (1/7/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAPembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo di Jeneponto, Sulawesi Selatan pada Minggu (1/7/2018).

JENEPONTO, KOMPAS.com - Pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo di Jeneponto, Sulawesi Selatan hampir rampung.

Diperkirakan, proyek tersebut bisa rampung pada Agustus dan bisa beroperasi September 2018.

Pembangkit tersebut dibangun dan dioperasikan oleh pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) Vena Energy.

“Secara fisik sudah hampir selesai, progres kita sudah 92 persen. Diharapkan bisa selesai Agustus,” ujar Manager EPC Vena Energi Hotma Sianturi di Jeneponto, Minggu (1/7/2018).

(Baca: Kejar Target Bauran Energi, Kementerian ESDM Percepat Pengembangan EBT)

Hotma menambahkan, akan ada 20 kincir angin yang beroperasi di PLTB Tolo ini. Namun, saat ini baru tiga kincir angin yang terpasang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu kincir angin di PLTB Tolo dapat menghasilkan 3,6 mega watt. Jika telah terbangun 20 kincir angin, PLTB yang dibangun di lahan seluas 60 hektar ini bisa menghasilkan 72 mega watt.

“Total investasi kami di proyek ini sekitar 160 juta dollar AS,” kata Hotma.

Energi Baru Terbarukan bertambah

Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali menambahkan, dengan beroperasinya PLTB Tolo ini untuk mendukung pencapaian target porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam bauran energi sebesar 23 persen pada 2025.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.