Kanada Berlakukan Tarif untuk Produk AS Senilai 12,5 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 02/07/2018, 09:23 WIB
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kiri), berjabat tangan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pertemuan di Gedung Putih, Washington (11/10/2017). AFP/Jim WatsonPerdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kiri), berjabat tangan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pertemuan di Gedung Putih, Washington (11/10/2017).
Penulis Mutia Fauzia
|

LONDON, KOMPAS.com - Kanada melawan tindakan Amerika Serikat (AS) yang telah memberlakukan tarif senilai 25 persen untuk produk baja dan alumuniun yang mereka impor ke AS.

Pada Minggu, (1/7/2018), pemerintah Kanada mengumumkan akan memberkalukan tarif untuk produk ekspor AS senilai 12,5 miliar dollar AS.

Pajak sebesar 10 persen telah diperlakukan untuk 80 jenis produk AS seperti toffee, sirup maple, biji kopi, dan selai strawberi.

Dikutip melalui CNNMoney, tindakan yang dilakukan Kanada dinilai proporsional dengan pemberian bea cukai yang sesuai dengan jumlah baja dan alumunium yang diekspor Kanada ke AS.

(Baca: Ancaman Baru Trump untuk Produk China Senilai 200 Miliar Dollar AS)

Pemberlakukan bea cukai untuk baja oleh AS yang mulai efektif diberlakukan pada 1 Juni 2018 lalu dianggap cukup memberatkan Kanada.

Sebab, Kanada merupakan eksportir baja dengan jumlah terbesar senilai 5,53 miliar dollar AS.

Sementara negara berikutnya adalah Korea Selatan sebesar 3,11 miliar dollar AS, Meksiko dengan jumlah ekspor baja ke AS sebesar 2,97 miliar dollar AS, Brazil sebesar 2,57 miliar dollar AS, dan China senilai 1,96 miliar dollar AS.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeu mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh Kanada adalah hal yang wajar untuk dilakukan.

(Baca: AS Berlakukan Tarif, China Ancam Batalkan Perjanjian Dagang)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X