Malas Setelah Libur Panjang, Ini Tips Ampuh Bangkitkan Semangat

Kompas.com - 02/07/2018, 13:29 WIB
Ilustrasi liburan maxsafIlustrasi liburan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pekerja yang justru malah menjadi merasa malas dan semangat menurun tiba-tiba ketika kembali masuk kerja setelah melalui liburan panjang. Apakah Anda salah satunya? Kalau sudah begini, bisa-bisa produktivitas Anda di tempat kerja menurun.

Padahal, seharusnya setelah berlibur, badan dan pikiran lebih rileks, maka semangat pun datang. Tapi bagaimana jika sebaliknya? Sehingga tak jarang rasa malas dan bolos kerja pun kemudian muncul. Namun masuk kerja sesuai jadwal adalah sebuah kewajiban.

Meski berat melawan kemalasan, namun sudah seharusnya Anda melakukan kewajiban sebagai pekerja. Agar tak terjebak dalam rasa malas yang berlebihan setelah lubur panjang, berikut tips ampuh bangkitkan semangat setelah liburan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Maksimal Menikmati Liburan tapi Tidak Berlebihan

Saat berlibur, nikmatilah liburan Anda secara maksimal namun jangan sampai berlebihan. Artinya, menikmati liburan sepenuhnya tanpa mengingat-ingat pekerjaan selama waktu berlibur. Namun jangan sampai keterusan hanya bersenang-senang hingga tidak punya sisa waktu libur untuk me time dengan suasana yang tenang untuk mengembalikan mood yang siap kembali beraktivitas.

2. Jangan Tetap Disibukkan dengan Pekerjaan saat Berlibur

Punya waktu libur seharusnya memang harus untuk berlibur bukannya masih sibuk dengan urusan pekerjaan. Boleh-boleh saja masih mengingat-ingat pekerjaan yang ditinggalkan, tapi jangan terlalu berlebihan sampa-sampai membuat waktu liburan jadi membosankan.

Anda cukup luangkan 5 persen saja waktu untuk tetap terkoneksi dengan pekerjaan yang memang membutuhkan Anda. Sisanya, gunakan waktu berlibur untuk benar-benar kabur dan lepas dari berbagai kesibukan kerja. Agar nanti ketika sudah kembali melakukan rutinitas, Anda tak menyesal mengapa tak memberikan diri waktu penuh untuk lepas dari pekerjaan yang melelahkan.

3. Jangan Pulang dari Liburan Terlalu Mepet

Bila sebelumnya suka pulang dari tempat berlibur dengan tanggal yang mepet dengan hari masuk kerja, cobalah ubah kebiasaan tersebut. Misalnya saja hari senin sudah mulai aktif bekerja, usahakan jangan pulang di hari minggunya. Karena waktu yang terlalu mepet bisa membuat Anda kelelahan, akhirnya malas saat harus masuk kerja pada esok harinya.

Lain halnya jika Anda mengubah jadwal kepulangan lebih awal, tentu Anda akan punya lebih banyak waktu untuk beristirahat setelah perjalanan. Setidaknya, luangkan satu-dua hari sebelum kembali aktif bekerja, supaya bisa mengembalikan semangat kerja setelah lama bersantai.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X