Markobar Manfaatkan Demo Ganti Presiden di Gerainya untuk Ajang Promosi - Kompas.com

Markobar Manfaatkan Demo Ganti Presiden di Gerainya untuk Ajang Promosi

Kompas.com - 02/07/2018, 18:26 WIB
Peserta jalan sehat umat Islam Solo Raya memakai kaus #2019GantiPresiden di Solo, Jawa Tengah, Minggu (1/7/2018).dok.DSKS Peserta jalan sehat umat Islam Solo Raya memakai kaus #2019GantiPresiden di Solo, Jawa Tengah, Minggu (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekelompok orang menggelar unjuk rasa di depan gerai kuliner martabak Markobar milik anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming di Solo, Jawa Tengah, Minggu (1/7/2018).

Aksi tersebut merupakan bagian dari kegiatan jalan sehat umat Islam Solo Raya yang juga menyerukan 2019 Ganti Presiden. Tidak diketahui maksud massa melakukan aksi di depan gerai tersebut.

Beberapa dari mereka mengunggah kegiatan itu ke media sosial Twitter. Salah satunya akun @maspiyuuu yang mengunggah gambar massa yang sedang menggelar aksi di depan gerai Markobar. Aku tersebut menulis "DAHSYATTT... Di Depan MARKOBAR Anak Jokowi, Warga Solo Deklarasi #2019GantiPresiden".

Cuitan tersebut kemudian di-reply akun resmi Markobar, @markobar1996 dengan nada promosi. Admin akun tersebut menuliskan seolah massa aksi sedang mengantre Markobar.

"Terima kasih sudah antri dari pagi, Markobar memang terbukti kelezatannya sebagai pionir Martabak Manis dengan toping Premium. #eatsharehappiness".


Kicauan itu direspon warganet dengan 1.300 retweet, 1.000 yang menyukai, dan 288 komentar.

Tanggapan akun Markobar soal aksi tersebut tak hanya dalam satu cuitan. Ada pula cuitan lain yang mengunggah meme Gibran dan massa aksi dengan balon dialog "Waduh mas, antrinya kepagian. Markobar belum buka." Foto tersebut dilengkapi caption "Tadi ada yang pagi-pagi udah antri Markobar".

Tweet tersebut menuai respon beragam dari netizen. Sebanyak 307 akun me-retweet dan 61 akun berkomentar.

Tweet ketiga Markobar soal aksi 2019 Ganti Presiden merespon tweet akun @luckysubiakto yang mengunggah video saat massa melakukan orasi. Lucky mengunggahnya disertai kalimat

"Deklarasi #2019GantiPresiden dipimpin Bunda Neno Warisman, diikuti ormas Islam se Solo Raya, berlokasi di depan Kafe Markobar milik anak² Jokowi".

Lagi-lagi, akun @Markobar1996 menanggapinya dengan santai sambil bernada promosi.

"Hai orasinya merdu sekali! Terima kasih sudah antri untuk menikmati kelezatan Martabak Manis kesukaan kita semua. Ditunggu ordernya lagi ya, mari sebar kebaikan untuk sesama #eatsharehappiness with Markobar" cuit akun Markobar.

Baca: Jurus Anak Jokowi Membangun Bisnis

Tweet tersebut kembali menuai respon warganet. Beberapa dari mereka menganggap aksi tersebut justru menguntungkan bagi Markobar karena secara tak langsung telah mempromosikan lebih luas.

Akun @pisakendro membalas cuitan Markobar seraya memberi selamat.

"Saya turut bergembira melihat orang2 datang berduyun2 membeli martabak ala Markobar, selamat @Chilli_Pari karena Markobar semakin dikenal ke publik tanpa harus beriklan bayar advertising, hemat biaya..." tulis @pisakendro.

Sebelumnya diberitakan, seruan 2019 Ganti Presiden mewarnai kegiatan jalan sehat umat Islam Solo Raya yang diselenggarakan oleh Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) di Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Kegiatan yang diikuti lebih kurang 5.000 umat Islam tersebut sebagian besar peserta memakai kaus #2019GantiPresiden. Massa yang mengikuti jalan sehat tersebut berkumpul tepat di depan gerai Markobar.

Endro Sudarsono dari Divisi Advokasi Dewan Syariah Kota Surakarta mengatakan, tidak ada kesengajaan massa berkumpul di tempat itu.

"Dari dulu kalau kami aksi titik kumpulnya selalu di situ. Jadi, tidak tahu kalau di situ ada gerai Markobar," ungkapnya.

Setelah berkumpul di Lapangan Kota Barat, massa melakukan longmarch menuju perempatan Gendengan (Jalan Slamet Riyadi) ke timur-perempatan Ngapeman ke utara-Monumen Pers (Jalan Gajah Mada) ke barat-Solo Paragon Mal Jalan Yosodipuro -Kota Barat.

Dalam aksinya tersebut, kata Endro, massa umat Islam turut membawa poster dan spanduk, seperti "Demi Aqidah dan Kehormatan Kami #2019GantiPresiden", "Mau Keadilan Ditegakkan #2019GantiPresiden", dan lain-lain.

Menanggapi aksi tersebut, Gibran merasa tidak terganggu. Putra sulung Jokowi itu menganggap aksi sekelompok orang yang menggelar aksi unjuk rasa, tepat di depan gerainya, tersebut biasa saja. 

Menurut Gibran, yang penting baginya adalah bahwa aksi demonstrasi sekelompok orang itu berjalan damai.

"Tertib dan santun," tutur Gibran.



Close Ads X