Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPTJ Siapkan Tiga Kebijakan Lalu Lintas Selama Asian Games 2018

Kompas.com - 03/07/2018, 10:28 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA,  KOMPAS.com - Jelang Asian Games 2018, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terus berbenah memperbaiki arus dan sistem lalu lintas di Jakarta.

Tiga paket kebijakan telah disiapkan guna memperlancar arus lalu lintas selama pagelaran Asian Games 2018.

"Tolong disampaikan kepada masyarakat kebijakan (memperlancar lalu lintas) untuk Asian Games itu tidak hanya satu saja, tetapi ada tiga kebijakan," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono, di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Baca juga: Detail Tiga Paket Kebijakan Transportasi Asian Games

Pertama, lanjut Bambang adalah dengan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL).

Kebijakan tersebut dijalankan dengan menerapkan sistem ganjil genap di sejumlah jalan protokol selama Asian Games berlangsung.

Penerapan ganjil genap tersebut dilakukan setiap hari dari Senin sampai Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Di dalam MRLL tersebut ada juga penerapan buka dan tutup pintu tol dan pemberian jalur khusus atlet yang akan bertanding di dalam jalan tol.

Baca juga: Target Waktu Tempuh Atlet ke Venue 30 Menit, Kemenhub Siap Uji Coba

"Kebijakan kedua yaitu penyediaan angkutan umum, utamanya untuk orang berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan umum itu siapkan bus tambahan. Kemudian kami tidak hanya menyediakan untuk atlet dan official saja tapi juga penonton suporter dari negara asing yang jadi tamu-tamu kita," ujar Bambang.

Kebijakan yang ketiga yakni melarang seluruh kendaraan besar golongan III, IV, dan V melintas di jalan Tol Dalam Kota. Truk-truk hanya boleh melintas jalan alternatif yakni Tol JORR.

"Kenapa tiga paket kebijakan ini harus disampaikan? Sebab ini tidak bisa berdiri sendiri. Perlu kami sampaikan juga kita selain mengatur waktu point to point 30 menit, kita juga ingin menurunkan CO2 karena banyak atlet dan tamu-tamu asing," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com