Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Gunung Agung, Bandara Banyuwangi dan Jember Ditutup

Kompas.com - 03/07/2018, 12:25 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA,  KOMPAS.com - Bandara Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro Jember ditutup sementara karena terimbas erupsi Gunung Agung pada Selasa (3/7/2018) dinihari.

Kedua bandara tersebut ditutup sejak Selasa pagi hingga pukul 15.00 WIB.

"Dari pengamatan di lapangan pagi ini, Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro Jember masih terdampak abu vulkanik. Untuk itu Bandara Banyuwangi dan Bandara di Jember masih ditutup sementara," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso dalam keterangan tertulisnya.

Terkait hal tersebut, Agus meminta Agus meminta semua stakeholder, baik otoritas bandar udara dan operator penerbangan untuk mematuhi SOP penanganan dampak abu vulkanik.

Baca juga: Warga Saksikan Lontaran Pijar Gunung Agung dari Pantai Ampenan

"Semua stakeholder harus bekerjasama dan memantau perkembangan yang terjadi. Kalau memang masih belum memungkinkan, bandara tidak boleh dibuka," kata Agus.

Selain itu, Agus juga meminta semua stakeholder penerbangan di daerah tersebut serta di Bali dan sekitarnya untuk tetap waspada mengingat status Gunung Agung masih waspada dan ada kemungkinan untuk erupsi lagi.

Di sisi lain, Bandara Ngurah Rai sampai saat ini masih beroperasi normal lantaran sebaran abu vulkanik masih belum menutupi airspace bandara tersebut.

"Berdasarkan pantauan satelit himawari sampai dengan pukul 10:00 WITA menunjukkan arah angin dan sebaran debu vulkanik yang mengarah ke barat dan belum mengarah atau menutupi kawasan ruang udara Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali," kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/7/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com