Menteri ESDM: Pemerintah Berkomitmen Tak Naikkan Tarif Listrik Sampai 2019

Kompas.com - 03/07/2018, 12:29 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat menghadiri halal bihalal di gedung Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat menghadiri halal bihalal di gedung Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018).

MAKASAR, KOMPAS.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, tidak akan ada kenaikan tarif dasar listrik hingga 2019.

Hal tersebut dikatakan Jonan disela-sela peresmian pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Sidrap di Sulawesi Selatan, Minggu (1/7/2018).

“Kita komitmen di listrik tidak kita naikan ( tarif listrik) sampai 2019. Kalau (sampai) 2019, ya sampai Desember, kan saya bilang sampai 2019,” ujar Jonan.

Jonan menuturkan, tiap tiga bulan sekali akan ada evaluasi tarif dasar listrik. Kendati begitu, dia memastikan tidak akan ada kenaikan hingga 2019.

“Listrik itu dievaluasi secara Undang-Undang Kelistrikan setiap tiga bulan sekali BBM juga,” kata Jonan.

Dia juga mengklaim, semenjak menjabat sebagai Menteri ESDM belum pernah menaikan tarif dasar listrik. Jonan menjabat sebagai Menteri ESDM sejak Oktober 2016.

Sebelumnya, Jonan juga memastikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar dan premium tidak akan naik selama 2018.

“Kalau BBM kita komitmen sampai 2018 (tidak akan mengalami kenaikan harga), tapi hanya untuk Premium dan solar," ujar Jonan, Selasa (3/7/2018).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X