Ramadhan 2018, Transaksi di Bukalapak Melonjak 8 Kali Lipat - Kompas.com

Ramadhan 2018, Transaksi di Bukalapak Melonjak 8 Kali Lipat

Kompas.com - 03/07/2018, 21:30 WIB
VP of Marketing Bukalapak Bayu Syerli ketika ditemui wartawan di Jakarta, Selasa (3/6/2018).KOMPAS.com/Mutia Fauzia VP of Marketing Bukalapak Bayu Syerli ketika ditemui wartawan di Jakarta, Selasa (3/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Periode Lebaran dan Ramdhan, dapat dipastikan terjadi lonjakan pada transaksi e-commerce. Adapun untuk Bukalapak, pada periode Ramadhan 2018 ini terjadi lonjakan transaksi hingga 8 kali lipat.

VP of Marketing Bukalapak Bayu Syerli mengatakan, peningkatan transaski Ramadhan tahun ini tidak hanya di sektor Fashion, Gadget, dan Barang Hobi saja, tetapi juga Fresh Product seperti makanan siap saji.

"Untuk Ramadhan tahun ini yang unik adalah user kalau dulu peambelian terbatas di alat sholat, buku keagamaan, baju koko dan gadget, tahun ini ada peningkatan konsumsi makanan siap saji," jelas Bayu.

Peningkatan permintaan atau transaksi di sektor fresh product ini turut didorong hadirnya fasilitas instant delivery seperti Go-Send oleh Go-Jek dan jasa layanan serupa dari Grab.

"Ini semakin memicu orang untuk misalnya beli daging atau keju frozen. Untuk instant delivery di kita rata-rata 2 jam bisa sampai," tambah dia.

Adapun untuk trafic akses laman Bukalapak selama Ramadhan meningkat 6 kali lipat.

Bayu menjelaskan, peningkatan transaksi dan traffic didukung oleh meningkatnya jumlah THR serta waktu pemberian yang berdekatan dengan pembagian gaji.


Peningkatan traffic pencarian pun terjadi menjelang dibaginya THR dan gaji tersebut. Sehingga, keputusan pembelian oleh konsumen akan lebih cepat paska gaji didapatkan.

"Sebelum mereka mendapatkan penghasilan biasanya seminggu sebelumnya traffic mencari atau window shopping gede. Jadi mereka ketika gaji tiba, keputusan membelinya cepet karena mereka sudah melakukan riset beberapa hari sebelum gaji tiba," ujar Bayu.

Komentar
Close Ads X