Pinjaman Tahap Dua Kereta Cepat Cair Akhir Juli 2018

Kompas.com - 04/07/2018, 06:35 WIB
Lokasi proyek pengerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (21/3/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERALokasi proyek pengerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (21/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pinjaman tahap dua untuk proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung oleh PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC) akan cair pada bulan ini.

Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra menyatakan, pihaknya masih menunggu dua kali pencairan pinjaman hingga akhir 2018.

"Akhir Juli ini sekitar 1,1 miliar dollar AS. Sebelumnya 170 juta dollar AS," ujar Chandra di Lapangan Danu Setiawan kompleks Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (3/7/2018).

Sementara pinjaman tahap ketiga diperkirakan akan cair pada Desember 2018 sebesar 500 juta dollar AS. Biaya tersebut akan digunakan untuk pembebasan lahan dan membayar kontraktor.

KCIC baru saja menyerahkan 408 unit rumah dinas pengganti untuk anggota TNI Angkata Udara yang rumahnya terdampak proyek kereta cepat.

Chandra mengatakan, selanjutnya tinggal menunggu anggota pindah ke rumah dinas baru dan rumah yang lama akan dibongkar. Setelah itu, mereka akan menyelesaikan pekerjaam rumah lain dalam pembebasan lahan.

"Soal lahan harus selesai tahun ini. Kalau mau cepet selesai harus selesai dulu lahannya. Tahun depan full konstruksi," kata Chandra.

KCIC menargetkan konstruksi sudah bisa mencapai 25 persen pada akhir tahun. Dengan demikian, target penyelesaian pada 2021 sesuai kontrak dapat terpenuhi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X